Comscore Tracker
LUXURY

7 Rekomendasi Tempat Wisata Imlek di Jakarta, Banyak Hiburan Menarik

Tempat wisata Imlek di Jakarta untuk kuliner dan berfoto.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Imlek di Jakarta, Banyak Hiburan MenarikBarongsai di Ancol Lunar Festival 2023/Dok. korporat.ancol.com

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Beragam tempat wisata Imlek di Jakarta bisa menjadi alternatif bagi Anda yang berencana merayakan Tahun Baru Imlek 2023 di Jakarta. Momentum Imlek 2023 menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga atau saudara, berwisata kuliner, hingga membagi-bagikan angpao.

Perayaan tahun baru Imlek 2023 adalah tahun baru Imlek 2574 Kongzili dan bertepatan pada Minggu, 22 Januari 2023. Imlek 2023 atau disebut tahun kelinci, khususnya kelinci air. Lambang Kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan. 

Jika Anda berencana mengunjungi tempat wisata Imlek di Jakarta untuk merayakan tahun baru Imlek 2023, ada sejumlah tempat untuk berwisata kuliner dan berburu foto. Lokasi tersebut memiliki nuansa khas yang lekat dengan ornamen khas Tionghoa dan tahun baru Imlek. Merangkum berbagai sumber, berikut rekomendasinya.

1. Vihara Dharma Bhakti (Kelenteng Kim Tek Le)

Vihara Dharma Bhakti atau dikenal dengan nama Kelenteng Kim Tek Le. Kelenteng ini didirikan sejak tahun 1650 dan merupakan kelenteng tertua di Jakarta. Kalau dihitung, berarti usianya sekarang sudah mencapai 371 tahun ini dibangun oleh seorang Letnan Tionghoa yang bernama Kwee Hoen.

Dikutip dari Indonesia Travel, sejak lama kelenteng ini menjadi pusat perayaan hari-hari besar Tionghoa, termasuk perayaan Imlek. Anda yang sedang berada di Jakarta ketika tahun baru Imlek, boleh mampir ke sini bersama keluarga dan saudara.

Kelenteng Kim Tek Le berlokasi di Jalan Kemenangan III Petak Sembilan No.19, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Jam operasionalnya dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 16.00 sore.

2. Kawasan Pecenongan

Merayakan tahun baru Imlek belum lengkap tanpa makan-makan. Daripada bingung mencari-cari tempat kulineran yang lengkap dan nuansa Imlek yang kental, langsung saja meluncur ke kawasan kuliner Pecenongan yang berada di daerah Gambir, Jakarta Pusat.

Mengutip Indonesia Travel, sejak puluhan tahun silam ketika Jakarta masih bernama Batavia, tempat wisata kuliner ini sudah ada dan merupakan salah satu tempat wisata Imlek di Jakarta.

Mulai dari makanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima hingga restoran, semuanya dapat ditemukan di daerah Pecenongan ini. Menu yang ditawarkan juga nggak terbatas pada makanan Cina saja. Ada pula beragam kuliner khas Indonesia misalnya nasi uduk, martabak, bubur, dan sebagainya.

Kawasan Pecenongan buka sejak pagi pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB, tetapi lebih cocok jika dikunjungi saat sore hingga malam, karena kawasan ini dikenal sebagai tempat wisata kuliner malam Jakarta. 

3. Petak Sembilan

Bicara soal tempat wisata Imlek di Jakarta tak bisa dilepaskan dari Petak Sembilan. Pasar tradisional yang terletak di daerah Jalan Kemenangan Raya, Glodok, Jakarta Barat ini memang selalu menjadi destinasi andalan ketika Imlek. 

Sepanjang jalan kawasan ini kental dengan dekorasi khas Tionghoa dengan ornamen warna merah. Di Petak Sembilan Anda bisa menemukan toko perlengkapan imlek dan kedai makanan khas imlek. Aneka kue, permen, dan camilan khas tahun baru Imlek juga lengkap tersedia dan bisa dibeli di dini. Selain itu, ada juga vihara yang bisa disambangi bersama keluarga.

Jika lelah berbelanja, Anda bisa langsung mengisi energi dengan makan di beberapa kedai legendaris. Di antaranya, Kopi Tak Kie, Bakmi Amoy, Rujak Shanghai Encim, Cingcongfan Pak Karim, dan beragam kuliner lainnya.

4. Taman Budaya Tionghoa (TBT)

Salah satu tempat Wisata Imlek di Jakarta yang yang kental dengan budaya Tionghoanya adalah Taman Budaya Tionghoa yang ada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

Mengutip laman Tamanmini.com, pendirian taman ini dimulai sejak tahun 2004. Taman ini merupakan taman yang dibangun dengan menyuguhkan konsep bernuansa khas etnik Tionghoa. Anda bisa menikmati keindahan budaya Tionghoa dengan pernak-perniknya yang sangat meriah.

Kompleks taman ini dilengkapi dengan perkampungan kecil Tionghoa (pecinan) lengkap dengan segala pernak-pernik 'kampong pecinan', termasuk warna merah dan kuning emas yang mendominasi hampir semua kawasan ini berikut bangunan-bangunan berbentuk simetris. 

Selain itu, terdapat juga fasilitas lain untuk menambah kesan penggambaran secara lengkap kebudayaan Tionghoa Indonesia, seperti gazebo danau, sepasang tiang naga, patung Dewi Bulan, patung Kwan Kong, jembatan batu Sampek Eng Tay, dan Museum Laksamana Ceng Ho.

5. Pasar Lama Tangerang

Ingin berburu makanan khas Tionghoa malam hari? Anda bisa datang ke Pasar Lama Tangerang. Pasar Lama  ini tak hanya dikenal sebagai surga untuk wisata kuliner, tetapi menjadi kawasan pecinan dan salah satu tempat wisata saat Imlek di Jakarta 

Mengutip Indonesia Travel,ada beberapa area yang bisa Anda eksplorasi satu persatu. Pertama, ada pasar tradisional yang menawarkan berbagai macam bahan makanan khas Tionghoa. Anda bisa menemukan makanan khas, seperti kue keranjang dan roti srikaya.

Kawasan kedua adalah area kuliner. Kawasan ini ramai penjual makanan sejak pagi. Namun, wisata kuliner akan lebih lengkap ketika Anda datang di malam hari. Ada beragam pilihan kuliner mulai dari camilan, makanan berat, minuman, bahkan menu ekstrem dapat dijumpai di sini. Di kawasan ini juga ada beberapa tempat ibadah, salah satunya yang cukup populer adalah Boen Tek Bio.

6. Ancol

Ingin menyaksikan atraksi barongsai Jakarta yang meriah dan unik? Berkunjung ke Ancol bisa jadi salah satu pilihan tempat wisata Imlek di Jakarta.

Beragam kegiatan dan atraksi khas budaya Tionghoa akan memeriahkan rekreasi di Ancol pada akhir pekan ini. Bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023 ini, Ancol Taman Impian hadirkan Ancol Lunar Festival 2023 pada periode tanggal 21 hingga 29 Januari 2023.

Di Pantai Lagoon ada Barongsai Meja, Liong, Rampak Tambur akan tampil di area Plaza Lagoon, Symphony of The Sea pada 21 & 22 Januari mulai jam 15.30 WIB.

Selain itu, Dufan menghadirkan Tebar Angpao untuk memeriahkan Imlek tahun ini. Angpao merupakan simbol hadiah untuk diberikan kepada orang tercinta di hari Imlek. Terdapat 2574 angpao yang siap dibagikan kepada pengunjung Dufan khusus di tanggal 21 & 23 Januari 2023 pada periode waktu pukul 10.00 - 16.00 WIB.

Ada pula atraksi barongsai barongsai di Sea World Ancol. Atraksi ini berbeda dengan atraksi barongsai pada umumnya, sebab barongsai akan melakukan atraksinya di dalam aquarium utama dengan kedalaman hingga 6 meter dan di tengah ribuan ikan.

7. Kawasan PIK (Cove at Batavia PIK dan Pantjoran PIK)

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) terkenal dengan suasana ala Tionghoa. Salah satu tempat menarik di sini adalah Cove at Batavia, spot baru berburu kuliner sambil bersantai dengan pemandangan cantik menghadap laut. Berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, ada berbagai tempat kuliner dan nongkrong asyik, dengan area outdoor pinggir pantai Golf Island. 

Tempat wisata imlek di Jakarta selanjutnya masih berada di PIK. Tidak jauh dari Cove at Batavia ada pusat kuliner Pantjoran PIK. Anda kamu bisa berwisata kuliner sambil menikmati pemandangan khas Tionghoa.

Ada banyak spot dengan latar pemandangan bangunan khas Tionghoa yang indah, cocok untuk berswafoto atau mengabadikan momen menarik bagi Anda yang punya hobi fotografi. Salah satunya gapura yang menjadi ikon dari Pantjoran PIK. Arsitekturnya terinspirasi dari kota Zhangzhou, Provinsi Fujian.

Demikian rekomendasi tempat wisata Imlek di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk berkumpul bersama mengisi kehangatan momen perayaan tahun baru Imlek 2023.

Related Topics

Related Articles