10 Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!

Tempati posisi teratas sebagai penduduk muslim terbanyak

10 Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!
Ilustrasi suasana di dalam masjid (unsplash/rumman Amin)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Agama Islam merupakan salah satu agama terbesar di dunia. Bahkan, ada sekitar dua miliar umat Islam yang tersebar di seluruh dunia. Menariknya, banyak peneliti yang memperkirakan bahwa jumlah umat Islam akan melebihi jumlah umat Kristen pada tahun 2050.

Di antara negara lainnya, ada beberapa negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Dilansir worldpopulationreview.com, mayoritas muslim tinggal di Afrika Utara dan tengah, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. 

Berikut Daftar Negara yang masuk dalam kategori penduduk muslim terbanyak di dunia.

1. Pakistan

Memiliki populasi muslim sebanyak 240,8 juta jiwa, Pakistan menempati posisi pertama sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Tak heran, negara yang berada di Asia Selatan ini mayoritas penduduknya beragama Islam. 

Bahkan, nama resmi negara saja dikenal dengan Republik Islam Pakistan. Jika Anda berkunjung ke Pakistan, Anda bisa merasakan nuansa islami dari setiap bagiannya, mulai dari bangunannya, pakaiannya, hingga masyarakatnya.

2. Indonesia

Selanjutnya, Indonesia dinobatkan sebagai negara yang memiliki jumlah umat Islam terbesar secara keseluruhan. Nusantara dikenal sebagai rumah bagi sekitar 236 juta umat Islam. 

Artinya, terdapat 86,7 persen populasi Indonesia yang beragama Islam. Angka tersebut juga termasuk dalam 13 persen total populasi muslim di dunia.

Jika dilihat dari sejarah dan budaya, sebagian besar umat Islam berperan besar dalam sebagian sejarah penting di Indonesia. Bahkan, budaya Indonesia banyak yang berakulturasi dengan agama Islam. 

Meskipun masyarakatnya mayoritas beragama Islam, Indonesia juga dikenal cukup memiliki toleransi dengan umat beragama lainnya.

3. India

Menjadi salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia, India ternyata memiliki umat Islam terbanyak ketiga dari negara lainnya. Ada sekitar 200 juta orang menganut agama Islam yang tinggal di negara India.

Meskipun bukan mayoritas, penduduk beragama Islam di India termasuk cukup besar. Bahkan, menempati peringkat kedua setelah umat beragama Hindu. 

Uniknya, Anda bisa menemukan tempat bersejarah di India yang dibangun umat Islam. Taj Mahal salah satunya. Termasuk dalam tujuh keajaiban dunia, Taj Mahal merupakan sebuah makam yang dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri tercintanya.

4. Bangladesh

Terkenal dengan sebutan “Tanah Benggala”, Bangladesh sukses mengamankan tempatnya di peringkat keempat. Berbatasan dengan India di sebelah barat, Bangladesh menjadi rumah bagi 150,8 juta umat Islam. Dengan angka tersebut, penduduk muslim menjadi mayoritas di Bangladesh. 

Uniknya, agama Islam cukup memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat hingga politik penduduk Bangladesh. Pada tahun 1988, agama Islam ditetapkan sebagai agama resmi di sana. Meskipun begitu, Bangladesh tetap memberikan hak atas kebebasan beragama pada masyarakatnya.

5. Nigeria

Dengan total 97 juta penduduk beragama Islam, Nigeria menempati peringkat kelima sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia setelah Bangladesh. Berada di wilayah Afrika Barat, Bangladesh juga menjadi negara dengan populasi muslim terbesar di Afrika.

6. Mesir

Kerap dipanggil Negeri Piramida, negara Mesir sukses tempati posisi keenam sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak. Total ada 90 juta umat Islam yang bertempat tinggal di Mesir. Angka tersebut juga setara dengan 90 persen penduduknya adalah penganut agama Islam.

Selain terkenal dengan julukan tersebut, Mesir juga kerap disebut sebagai “Negeri Para Nabi” atau “Bumi Para Nabi”. Hal tersebut bukan tanpa alasan, Mesir kerap dijadikan tempat persinggahan dan tempat tinggal para nabi. 

7. Turki

Di peringkat ketujuh ini, ada negara Turki yang berhasil mengamankan posisinya. Negara ini memiliki penganut agama Islam sebanyak 84,4 juta orang dari keseluruhan penduduk Turki. Tak heran, agama Islam menjadi mayoritas di sana. Sebagian besar muslim di Turki menganut paham Sunni

Tak jarang, umat Muslim di dunia menjadikan Turki sebagai tujuan wisata religi karena ada banyak situs peradaban Islam yang ada di sana. Hal tersebut menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk berkunjung.

8. Iran

Menjadi tempat tinggal sekitar 82,5 juta penduduk muslim, Iran menjadi negara yang cukup banyak ditinggali oleh umat Islam. Hampir sebagian besar umatnya menganut paham Islam Syiah.

Pengaruh agama Islam juga berperan dalam politik negara ini. Menjadi negara terluas di Asia Barat, Iran memiliki berbagai tempat yang bernuansa islami dan bangunan masjid terindah di dunia dengan arsitekturnya yang megah.

9. China

Negara terbesar di benua Asia ini ternyata memiliki penduduk muslim yang tak kalah banyak dari negara lainnya. Total ada 50 juta penduduk yang menganut agama Islam. Meskipun bukan mayoritas, agama Islam tetap eksis di Negeri Tirai Bambu ini. 

Jika Anda mengunjungi negara ini, Anda bisa menemukan beberapa masjid dengan arsitektur khas China. Bahkan, Masjid Agung Xi’an menjadi salah satu masjid terbesar dan tertua di China.

10. Aljazair

Aljazair merupakan salah satu negara di Afrika Utara dengan mayoritasnya beragama Islam. Tercatat ada sekitar 43,7 juta umat Islam yang lahir dan besar di Aljazair. Dengan angka tersebut, Aljazair masuk ke dalam sepuluh negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Aljazair juga menjadi negara dengan mayoritas Islam terbanyak di Afrika.

Itulah beberapa negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia dengan masyarakatnya mayoritas beragama Islam. Semoga informasi ini bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu