7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Saat Lebaran, Jadi Favorit!

Cocok jadi tempat liburan keluarga atau teman

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Saat Lebaran, Jadi Favorit!
Ilustrasi kota Yogyakarta (Pexels/Al Fariz)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Masa libur Lebaran 2024 ini cukup panjang karena itu banyak yang memanfaatkan momentum ini untuk bepergian berwisata di luar kota. Yogyakarta menjadi salah satu kota tujuan favorit wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan. 

Yogyakarta menawarkan aneka ragam wisata yang menarik sehingga banyak diandalkan sebagai tujuan wisata. Tidak heran, kota satu ini tidak pernah sepi pengunjung setiap musim liburan.

Bagi Anda yang berencana berlibur di Yogyakarta, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja saat Lebaran yang bisa membuat libur Lebaran makin berkesan.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan (Dok. borobudur park)

Rekomendasi tempat wisata di Jogja saat Lebaran yang cukup populer di kalangan wisatawan, yaitu Candi Prambanan. Tujuan wisata tersebut merupakan salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.

Di sana, Anda akan dibuat terpukau dengan total 200 candi yang memanjakan mata. Tempat ini menghadirkan panorama arsitektur candi yang megah dan unik. Uniknya, Anda bisa menemukan relief kisah Ramayana yang melegenda. 

Anda bisa menghabiskan waktu dengan berkeliling dan menikmati suasana sekitar. Berfoto dengan latar belakang candi juga menjadi kegiatan favorit pengunjung.

Layanan pembelian tiket Candi Prambanan buka setiap hari mulai dari pukul 06.30-17.00 dengan paket Pruputan.

Jika Anda ingin memesannya terlebih dahulu, pihak pengelola juga melayani pembelian tiket online. Harga tiketnya cukup terjangkau mulai dari Rp25 ribu untuk anak-anak usia 3-10 tahun dan Rp50 ribu untuk orang dewasa.

2. Tebing Breksi

Tebing breksi (Wikimedia commons/tebing breksi)

Tidak jauh dari Candi Prambanan, Anda bisa mengunjungi Tebing Breksi. Tujuan wisata ini berlokasi di Desa Lengkong, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Sebelum menjadi tujuan wisata, tempat ini dulunya merupakan tambang batuan alam. Semenjak ditutup pada tahun 2014, masyarakat sekitar mulai mendekorasi tempat tersebut dengan memahat berbagai ukiran dan patung dari cerita pewayangan.

Pesona tebing dengan ukuran yang artistik dan estetik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata lainnya. Anda bisa menikmati keindahan alam yang berpadu dengan sentuhan seni yang mengagumkan. 

Selain berswafoto, Anda bisa menyewa jeep untuk berkeliling area wisata. Berbicara tentang harga tiketnya, pihak pengelola mematok harga sebesar Rp10 ribu pada setiap pengunjung.

Pastikan Anda datang di antara pukul 06.00-20.00 untuk bisa menikmati keindahan Tebing Breksi.

3. Malioboro

Malioboro (Wikipedia commons/herusutimbul)

Menjadi tujuan wisata favorit, Malioboro kerap diramaikan wisatawan ketika momen libur Lebaran. Rekomendasi tempat wisata di Jogja saat Lebaran menawarkan kawasan perbelanjaan barang-barang khas Yogyakarta. Tidak heran, ada cukup banyak wisatawan yang berburu oleh-oleh di sana.

Jika tidak berencana untuk berbelanja, Anda masih berjalan di sekitar sembari menikmati suasana kota. Naik delman juga menjadi aktivitas yang cukup difavoritkan pengunjung dari luar kota.

Malioboro juga mempunyai spot foto instagenic, seperti titik nol kilometer atau di bawah papan penunjuk jalan.

Sore dan malam hari menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi Malioboro karena lebih lebih sejuk untuk berjalan santai.

Perlu diingat, jumlah pengunjung saat Lebaran bisa jauh lebih banyak dari hari biasa jadi persiapan diri baik-baik sebelum menuju lokasinya.

4. Taman Pintar

Taman pintar (Dok. Taman Pintar)

Masih di kawasan Malioboro, Amda bisa menuju Taman Pintar hanya dengan berjalan kaki saja. Rekomendasi tempat wisata di Jogja saat Lebaran cocok dijadikan sebagai tujuan wisata anak-anak. 

Di sana, mereka bisa belajar sembari bermain dengan berbagai wahana interaktif yang ditawarkan. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menjelajahi area Gedung Kotak yang memiliki berbagai macam zona menarik.

Mengunjungi Gedung Oval juga tak menarik dengan aneka ragam wahana edukasi sains yang menyenangkan.

Jam operasional Taman Pintar dibuka dari pukul 08.30 sampai 16.00 setiap harinya. Untuk harga tiket masuknya, setiap wahana memiliki tarif masuk yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kategori usia pengunjung.

5. Gembira Loka Zoo

Kebun binatang gembira loka (Instagram/@gembiraloka.zoo)

Bingung mencari tempat wisata saat libur Lebaran di Yogyakarta? Anda bisa memasukan Gembira Loka Zoo ke dalam itinerary

Berlokasi di Jalan Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, tujuan wisata ini cukup mudah untuk diakses dari pusat kota. Gembira Loka Zoo menawarkan tempat rekreasi berwawasan lingkungan edukatif yang menarik. 

Di sana, Anda bisa melihat berbagai satwa secara lebih dekat. Mulai dari zona burung, mamalia, reptil, hingga area Petting Zoo bisa Anda kunjungi dengan bebas. Jangan lewatkan juga pertunjukan satwa yang akan menambah keseruan saat berkunjung ke kebun binatangnya.

Perlu diingat, Gembira Loka Zoo dibuka mulai dari pukul 08.00-16.00 saat libur Lebaran nanti. Dalam momen Idulfitri ini, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai macam promo menarik yang bisa Anda cek langsung di akun resmi Instagram Gembira Loka Zoo.

6. Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus mangunan (Wikimedia commons/Nefrit Lazurit)

Ingin berwisata alam di Yogyakarta? Bantul menjadi pilihan yang tepat untuk pencinta alam seperti Anda. Meskipun jaraknya cukup jauh, rasa capai akan terbayarkan dengan pesona alam yang memukau. 

Jika berkunjung ke Bantul, Anda bisa mendatangi Hutan Pinus Mangunan yang berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul. DI Yogyakarta. Begitu tiba di lokasinya, Anda akan disambut dengan rindangnya pohon pinus yang menyejukkan. 

Kawasan wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat healing dengan menikmati kesegaran alam dan hijaunya pepohonan. Uniknya, hampir setiap sudut tempat ini bisa dijadikan sebagai spot foto menarik.

Hutan Pinus Mangunan bisa Anda masukan ke dalam daftar wisata Jogja saat libur Lebaran karena kawasan wisata ini dibuka setiap hari.

Harga tiketnya juga cukup terjangkau sehingga cocok dijadikan tujuan wisata keluarga atau dalam kelompok besar.

7. Blue Lagoon

blue lagoon (Google Maps)

Rekomendasi tempat wisata di Jogja saat Lebaran yang menarik yang dikunjungi berikutnya adalah Blue Lagoon. Tidak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk bisa menikmati pemandangan Blue Lagoon, Anda bisa menikmatinya di Desa Wisata Blue Lagoon. 

Untuk bisa mengunjungi tempat wisatanya, Anda bisa berkunjung ke Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota, Anda bisa menempuh perjalanan selama 40 menit menggunakan kendaraan pribadi. 

Tempat wisata ini bisa dikatakan sebagai hidden gem yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Wisata alam ini menawarkan area pemandian air alami dengan pemandangan alam yang menyejukkan.

Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp10 ribu. Tarif tersebut belum termasuk biaya parkir. Jika ingin mengunjungi tempatnya, pastikan Anda datang pada jam bukanya mulai dari pukul 08.00-17.00.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja saat Lebaran yang bisa Anda jadikan sebagai tempat wisata keluarga atau tujuan wisata seru saat libur Lebaran. Dari beberapa rekomendasi di atas, mana yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI