7 Rekomendasi Tempat Wisata saat Lebaran di Bandung

Dari wisata alam hingga kuliner

7 Rekomendasi Tempat Wisata saat Lebaran di Bandung
Ilustrasi kota bandung (Unsplash/Ifan Fauzan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Saat libur Lebaran tiba, cukup banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar kota bersama dengan keluarga ataupun teman. Di antara beberapa kota yang jadi tujuan wisata, Bandung termasuk kota menjadi kerap didatangi wisatawan saat libur Lebaran.

Kota Bandung memang dikenal menawarkan berbagai pilihan tempat liburan menarik untuk mengisi waktu liburan yang menyenangkan. Mulai dari wisata alam hingga kuliner bisa Anda datangi. 

Jika Anda berencana untuk libur Lebaran di Bandung, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata saat Lebaran di Bandung yang wajib masuk daftar itinerary.

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey (Wikimedia Commos/Azharfarhanr)

Berkunjung ke Bandung, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata alam satu ini. Kawah Putih Ciwidey merupakan kawah vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Tujuan wisata ini cocok bagi pencinta alam atau yang ingin menikmati keindahan alam Bandung. 

Di sana, Anda bisa menikmati keindahan kawah berwarna kehijauan dengan lanskap batu kapur di sekitarnya. Tidak hanya itu, suasana pedesaaan juga sangat kenal terasa suasana pedesaan Priangan. 

Untuk bisa menuju lokasinya, pihak pengelola sudah menyiapkan kendaraan ontang-anting. Dilansir laman Ciwidey Outbound, harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp30 ribu.

Perlu dicatat, harga tersebut belum termasuk parkir, tarif transpor ontang-anting, dan aktivitas tambahan lainnya.

2. Jalan Braga

Jalan Braga (Wikimedia Commons/Devitapra)

Tidak jauh dari Alun-Alun Kota Bandung, terdapat tempat wisata saat Lebaran di Bandung yang ramai dikunjungi pengunjung.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini merupakan sebuah jalan yang juga menjadi ikon kota yang dikenal dengan julukan Paris Van Java.

Anda bisa berjalan santai dan menikmati suasana Bandung di kursi yang unik dan khas. Berfoto di bangunan sepanjang jalan juga menjadi aktivitas yang banyak dilakukan pengunjung.

Sepanjang jalan, Anda bisa menemukan bangunan ikonik dengan arsitektur gaya artdeco yang instagenic.

Selain itu, Anda juga bisa melihat beberapa bangunan peninggalan Belanda di sana, mulai dari Gedung Merdeka hingga Gedung Warenhuis De Vries.

3. Kebun Binatang Bandung

Kebun binatang bandung (Instagram/@bandung_zoo)

Bingung mencari tempat Wisata Bandung yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman? Kebun Binatang Bandung bisa dijadikan salah satu tujuan wisata.

Berlokasi di dekat kampus Institusi Teknologi Bandung (ITB), tujuan wisata ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Di sana, Anda bisa melihat berbagai koleksi fauna dan flora di sana.

Begitu masuk ke lokasi, Anda akan disambut dengan beragam satwa yang menggemaskan. Semenjak ada area petting, pengunjung bisa bermain dan berkesempatan untuk memberi makan para satwa yang sudah jinak. 

Dibuka setiap hari, Anda juga mulai datang dari pukul 10.00-15.30 selama bulan puasa. Dilansir dari akun media sosial resminya, tarif masuk Kebun Binatang Bandung bisa dibeli mulai dari harga Rp50 ribu.

4. Floating Market Lembang

floating market lembang (Instagram/@floating.market.lembang)

Seru-seruan bersama dengan keluarga atau tempat di tempat wisata saat Lebaran di Bandung satu ini. Floating Market Lembang merupakan tujuan wisata yang menawarkan pengalaman unik kulineran khas Jawa Barat di pasar terapung. 

Selain menawarkan wisata kuliner, tempat ini menyediakan aneka ragam wahana dan aktivitas seru bagi para pengunjung, mulai dari bermain go kart, berseluncur di rainbow slide, hingga berinteraksi dengan satwa yang tinggal di sana.

Nikmati juga berfoto dengan mengenakan baju tradisional Jepang atau Korea Selatan yang bisa Anda sewa dengan mudah. Anda bisa berkeliling mengunjungi berbagai spot berfoto dengan latar belakang bangunan khas Eropa dan Asia.

5. Farmhouse Susu Lembang

farmhouse susu lembang (Google Maps/Rudy Saputra)

Masih di sekitar Lembang, Anda bisa mengunjungi Farmhouse Susu Lembang. Ada banyak spot menarik yang instagramable yang banyak didatangi pengunjung untuk berfoto. 

Destinasi liburan favorit pengunjung ini kental dengan suasana pedesaan khas Eropa dari bangunannya. Terlebih ada rumah Hobbit yang mirip dalam kisah film Lord of the Rings.

Tidak hanya bisa berfoto sepuasnya, Anda dapat berinteraksi dengan para satwa lucu dan menggemaskan, seperti anak sapi, kelinci, hingga domba. 

Buat liburan Lebaran Anda makin berkesan dengan berkeliling kawasan dengan menyewa kostum koboi atau kostum a la Eropa. Setelah puas berkeliling, Anda juga bisa beristirahat dengan menikmati segelas susu segar.

6. Bukit Moko

Bukit Moko (Wikimedia Commons/Farid Rafif)

Berbicara tentang wisata alam di Bandung, tidak ada habisnya karena kota ini menawarkan berbagai macam spot wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya destinasi Bukit Moko. 

Berada di ketinggian 1.500 mdpl, Bukit Moko berlokasi di kawasan Cimenyan. Memiliki pemandangan yang menakjubkan, tempat ini banyak dijadikan sebagai spot terbaik untuk menikmati suasana malam di Kota Bandung.

Dari atas bukit, Anda bisa melihat panorama Kota Bandung yang dikelilingi oleh gemerlap cahaya saat malam hari. Tidak heran, Bukit Moko masuk ke dalam wisata malam yang cukup populer di kalangan wisatawan. 

Kawasan wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Tarif masuknya juga cukup murah sebesar Rp15 ribu. Untuk tarif parkirnya, pihak pengelola mematok harga mulai dari Rp3 ribu sesuai dengan jenis kendaraan.

7. Ranca Upas

ranca upas (Wikimedia Commons/Reizka Dwidianto)

Rekomendasi tempat wisata saat Lebaran di Bandung berikutnya, yaitu Ranca Upas. Tempat wisata Bandung ini merupakan kawasan perkemahan dengan pemandangan rumput yang membentang luas.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu libur Lebaran dengan berkemah, Ranca Upas bisa dijadikan tujuan wisata utama. Anda bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri atau menyewanya dari pihak pengelola.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang menyejukkan, Anda bisa berinteraksi dengan rusa yang ada di penangkaran di dekat  kawasan perkemahan.

Aktivitas tersebut juga merupakan daya tarik Ranca Upas yang cukup banyak mengundang wisatawan.  

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata saat Lebaran di Bandung yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata yang menyenangkan. Dari rekomendasi di atas, adakah yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI