Temukan Flu Burung, Produsen Telur Terbesar AS Musnahkan 1,6 Juta Ayam

Perusahaan sebut tidak ada risiko flu burung ke telurnya.

Temukan Flu Burung, Produsen Telur Terbesar AS Musnahkan 1,6 Juta Ayam
Peternak memanen telur ayam ras di kawasan Cilodong, Depok, Jawa Barat, Rabu (8/6/2022). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Fortune Recap

  • Cal-Maine Foods Inc menghentikan produksi telur di Texas setelah flu burung ditemukan pada ayamnya.
  • Sebanyak 1,6 juta ayam petelur dan 337 ribu ayam dara dimusnahkan karena infeksi flu burung.
  • Perusahaan menyatakan tidak ada risiko flu burung terhadap telur yang beredar di pasaran.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Produsen telur terbesar di AS, Cal-Maine Foods Inc, telah menghentikan sementara produksi telur peternakannya yang berada di Texas setelah Flu Burung ditemukan pada ayamnya. Otoritas Amerika mengatakan virus ini juga terdeteksi pada fasilitas unggas di Michigan.

Produsen telur ini mengatakan sekitar 1,6 juta ayam petelur dan 337.000 ayam dara atau sekitar 3,6 persen dari total kawanannya, dimusnahkan setelah infeksi flu burung ditemukan di sebuah fasilitas di Texas.

Laman Fortune memberitakan, Jumat (5/4), bahwa Cal-Maine menjual sebagian besar telurnya di wilayah Barat Daya, Tenggara, Barat Tengah, dan Atlantik Tengah Amerika Serikat.

“Perusahaan terus bekerja sama dengan pejabat pemerintah federal, negara bagian dan lokal serta kelompok industri yang terfokus untuk memitigasi risiko wabah di masa depan dan mengelola respons secara efektif,” kata manajemen lewat pernyataannya.

Perusahaan mengatakan tidak ada risiko flu burung terhadap telur yang saat ini beredar di pasaran dan tidak ada telur yang ditarik kembali.

Menurut Departemen Pertanian AS, telur yang ditangani dan dimasak dengan maka benar aman dikonsumsi.

Flu burung menyerang mamalia

Pengumuman Cal-Maine ini disampaikan sehari setelah pejabat kesehatan negara bagian tersebut mengatakan ada orang yang telah didiagnosis mengidap flu burung setelah melakukan kontak dengan sapi yang diduga tertular.

Otoritas kesehatan federal mengatakan kasus pada manusia di Texas menandai contoh pertama yang diketahui secara global mengenai seseorang yang tertular flu burung versi ini dari mamalia.

Departemen Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Michigan menyatakan di wilayahnya, Laboratorium Diagnostik Hewan Universitas Negeri Michigan telah mendeteksi flu burung di fasilitas unggas komersial di Ionia County. Kabupaten ini terletak sekitar 161 kilometer barat laut Detroit.

Departemen tersebut mengatakan pihaknya menerima konfirmasi penyakit tersebut pada Senin lalu dari laboratorium, dan ini adalah keempat kalinya sejak 2022 penyakit tersebut terdeteksi di fasilitas komersial di Michigan.

Juru bicara departemen tersebut, Jennifer Holton, mengatakan pada Selasa bahwa undang-undang negara bagian melarang departemen tersebut mengungkapkan jenis unggas di fasilitas itu. Fasilitas dimaksud telah dikarantina dan departemen tidak mengantisipasi adanya gangguan pada rantai pasokan di seluruh negara bagian.

Sapi perah di Texas dan Kansas dilaporkan terinfeksi flu burung pekan lalu – dan pejabat pertanian federal kemudian mengkonfirmasi adanya infeksi di peternakan sapi perah Michigan yang baru-baru ini menerima sapi dari Texas.

Peternakan sapi perah di Idaho telah ditambahkan ke dalam daftar setelah pejabat pertanian federal mengkonfirmasi deteksi flu burung.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu