Ini Negara-negara Terbersih di Dunia, Minat Berkunjung?

Denmark jadi negara terbersih di dunia.

Ini Negara-negara Terbersih di Dunia, Minat Berkunjung?
ilustrasi negara Denmark (pexels.com/Maria Orlova)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Yale University dan Columbia University bekerja sama dengan World Economic Forum untuk mengukur tingkat kebersihan dan ramah lingkungan di 180 negara dunia. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai tingkat kebersihan di suatu negara, serta keberhasilan mereka dalam pembangunan, teruatama di sektor kesehatan dan lingkungan. 

Penentuan peringkat negara terbersih tersebut dilakukan melalui Environmental Performance Index (EPI) yang mengukur 32 indikator di 11 kategori. Kategori tersebut meliputi kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati dan habitat, dan keberlanjutan.

Kebersihan sendiri berkontribusi besar pada kelangsungan hidup manusia. Dari 180 negara yang diukur pada 2021 lalu, ada 5 negara terbersih di dunia. Lalu, negara-negara mana di dunia yang menjadi negara terbersih?

1. Denmark

ilustrasi negara Denmark (pexels.com/Daniel Jurin)

Denmark adalah negara terbersih dan paling ramah lingkungan di dunia. Dengan total skor EPI 82,5, Denmark meraih posisi pertama karena skornya yang tinggi dalam beberapa kategori, yakni Pengolahan air limbah (100), pengelolaan limbah (99,8), dan indeks perlindungan spesies (100).

Negara ini memiliki beberapa kebijakan yang efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Hal itu terlihat dari jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik. 

2. Luksemburg

ilustrasi negara Luksemburg (pexels.com/Dylan Leagh)

Skor keseluruhan Luksemburg adalah 82,3. Negara ini dianggap berhasil dalam mengelola sanitasi (100), air minum (97,7), dan emisi polusi (100). Sebuah negara yang relatif kecil dengan kurang dari 600.000 orang, Luksemburg adalah negara yang sebagian besar pedesaan dengan hutan lebat dan taman alam yang luas.

Luxembourg City adalah tempat yang benar-benar modern dan kosmopolitan yang menggabungkan masa lalu dengan kemajuan modern. Kamu dapat menghabiskan waktu sebanyak mungkin di kota tua dan melihat Istana Grand Ducal, Katedral Notre Dame, Place d'Armes, Jembatan Adolphe, dan pertahanan bawah tanah yang dikenal sebagai casemates.

3. Swiss

Glacier Express, Swiss. (ShutterStock/sculpies)

Dengan skor EPI keseluruhan 81,5, Swiss menjadi negara terbersih ketiga di dunia. Swiss mendapat skor sangat tinggi untuk air minum (100) dan sanitasi (100). Dengan kebersihan yang terjaga, Swiss juga menjadi tempat terindah karena memiliki hutan, pegunungan, hingga margasatwa yang terjaga. Fakta menarik lainnya, di Swiss terdapat sekitar 208 gunung yang menjadi tempat wisata para pendaki dari berbagai negara. 

4. Inggris

Tentara kerajaan inggris. (Pixabay/Alefolsom)

Inggris adalah negara terbersih keempat di dunia dengan skor EPI 81,3. Dengan populasi 66,52 juta orang, Inggris bisa mempertahankan kebersihan dengan nilai sempurna untuk air minum, sanitasi, dan emisi polusi.

Di kota ini kalian juga dapat menemukan berbagai macam spot wisata, antara lain seperti Manara London, Alun-alun Trafalgar, London Eye, Big Ben, dan London Bridge untuk penggemar Harry Potter, di sinilah tempatnya. 

5. Prancis

Place de l’Estrapade. Dok. Wikimedia Commons/Celette

Prancis memiliki skor EPI 80, menjadikannya negara terbersih kelima di dunia. Meskipun Prancis adalah negara industri, hampir 80 persen sumber energinya berasal dari tenaga nuklir. Membuat emisi karbon berkurang dan mencapai skor 100 sempurna dalam Emisi Polusi. Inisiatif lingkungan Prancis termasuk turbin air di sepanjang sungai dan melarang supermarket membuang makanan yang tidak diperjualkan lagi.

Nah itulah 5 negara terbersih di dunia. Sudahkan Anda mengunjungi salah satunya? Kalau pun belum, tetap jaga kebersihan di manapun kalian tinggal, ya!.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Harga Eceran Tertinggi (HET): Pengertian dan Aturannya
United Tractors (UNTR) Bagi Dividen Rp5,7 Triliun, Ini Tanggalnya
DANA Gandeng Microsoft Integrasikan Teknologi AI Dalam Bisnis
Tips Keluar Memutus Rantai Jebakan Generasi Sandwich
Sido Muncul Bukukan Kenaikan Laba Bersih Hingga Rp390 Miliar