Comscore Tracker
NEWS

Niche Market Adalah: Pengertian, Cara Menentukan dan Manfaatnya

Niche market: target pasar spesifik pada industri tertentu.

Niche Market Adalah: Pengertian, Cara Menentukan dan ManfaatnyaIlustrasi niche market. (Shutterstock/Jirsak)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Lembaga riset Counterpoint memperkirakan pangsa pasar Samsung Electronics secara global akan mencapai 80 persen pada paruh kedua 2022, namun realisasinya, Samsung menggenggam 62 persen pangsa pasar smartphone dunia karena kepemimpinan di ceruk pasar niche market yang berkembang. Pertanyaannya, apakah yan dimaksid niche market?

Melansir glints, pada Senin (15/8), niche market adalah spesifikasi target pasar dan konsumen pada satu industri tertentu. Hal ini lazim dilakukan pada sebuah bisnis dalam memfokuskan penjualan produk dan layanan yang ditawarkan. Terlebih persaingan semakin ketat dan luas. Kata kunci yang paling tepat untuk menggambarkan niche market adalah target pasar yang spesifik.

Dengan kata lain, sebuah bisnis tidak bisa menjual produk atau layanannya ke seluruh pasar. Dengan mengetahui target pasar yang lebih spesifik, diharapkan penjualan dan strategi yang diterapkan akan lebih terarah dan berdampak pada raihan keuntungan yang terus bertumbuh.

Cara menententukan niche market

Ilustrasi brand awareness.

Situs Entrepreneur menuliskan beberapa hal lamgkah dalam menentukan niche market pada suatu bisnis. Pertama, pastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan sesuai dengan minat atau sesuatu yang disukai. Dengan demikian, Anda dapat lebih bersungguh-sungguh dalam menjalani berbagai proses yang dilalui dalam mengetahui niche market.

Setelah kita sudah memastikan bisnis yang dijalani sesuai dengan minat kita, maka kita dapat mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh para calon pelanggan bisnis. Hal ini tentu didukung dengan riset pasar sesuai dengan karakteristik pelanggan yang jadi sasaran (misalnya dari segi umur, sosial ekonomi, lokasi, dan parameter lainnya). Setelah mengetahuinya, maka kita bisa memfokuskan bisnis kita sebagai solusi atas berbagai kebutuhan dan permasalahan pelanggan.

Langkah selanjutnya, lakukan riset kompetisi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bisnis yang dijalankan. Salah satu caranya sederhana, misalnya dengan mencari kata kunci dari bisnis kita lewat beberapa tools, seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dan lainnya. Hal ini berguna agar kita bisa mengembangkan bisnis kita dengan tepat dan terarah.

Terakhir, lakukan tes pasar berdasarkan niche market yang sudah didapatkan lewat beberapa langkah sebelumnya. Anda bisa melihat potensi bisnisyang sedang dijalankan, bila hasilnya kurang bagus, Anda bisa memodifikasi niche market yang sudah ditentukan atau juga menerapkan ide bisnis lain yang lebih sesuai.

Manfaat menentukan niche market

Ilustrasi Investasi Pasar Modal

Salah satu manfaat penting dalam menyasar niche market, Anda bisa menempatkan bisnis baru yang dimiliki dalam persaingan yang belum terlalu ketat. Namun, hal ini perlu diwaspadai karena tidak akan bertahan lama, ada masanya pebisnis lain yang juga ikut masuk dalam target niche market yang sama dengan segmen bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu, penentuan niche market akan membuat Anda lebih fokus pada bisnis dan menentukan target pasar yang dihadapi. Bila sudah dapat kita kuasai, maka kita tinggal mengembangkan kembali produk atau layanan bisnis kita untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal.

Manfaat terakhir yang bisa kita dapatkan dengan menentukan niche market adalah peluang besar bagi bisnis kita untuk lebih dikenal publik secara luas. Hal ini berkaitan dengan jumlah pesaing yang tidak terlalu besar dan keunikan bisnis kita yang bisa ditonjolkan dibandingkan bisnis lainnya yang serupa. Bila ini bisa tercapai, maka masyarakat akan lebih mudah mengenali produk bisnis kita dan peluang tersebar luas pun akan semakin besar.

Contoh cara menentukan niche market

Salah satu contoh menetapkan niche market yakni bisnis kopi. Jika Anda menyukai minuman kopi dan hobi nongkrong di warung kopi, maka bisnis coffee shop bisa jadi peluang yang menjanjikan untuk dijalani. Namun, kita perlu menelisik lebih jauh lagi pada target pasar yang kita inginkan sesuai dengan niche market yang lebih memberikan keuntungan.

Setelah melakukan riset pasar, ternyata dari coffee shop yang ada di sekitar tempat tinggal kita, belum ada yang mengakomodasi para gamers. Nah, ini bisa jadi peluang baik untuk jadi fokus bisnis kita. Artinya, ada beberapa hal yang bisa disimpulkan untuk menjadi ciri unik yang membedakan bisnis kita dengan bisnis lain yang sejenis di sekitar kita:

  • Target pasarnya adalah para gamers yang berusia 10-30 tahun.
  • Kita perlu melengkapi coffee shop kita dengan sarana wifi unlimited yang membuat para gamers nyaman bermain di coffee shop kita sambil menikmati makanan dan minuman yang disajikan.
  • Para gamers biasanya membutuhkan tempat yang nyaman, maka kita mungkin bisa lebih memfokuskan modal yang kita miliki untuk membuat area nongkrong yang nyaman daripada bahan baku menu yang premium.

Related Topics

Related Articles