NEWS

Niche Market Adalah: Pengertian, Cara Menentukan dan Manfaatnya

Niche market: target pasar spesifik pada industri tertentu.

Niche Market Adalah: Pengertian, Cara Menentukan dan ManfaatnyaIlustrasi niche market. (Shutterstock/Jirsak)
15 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lembaga riset Counterpoint memperkirakan pangsa pasar Samsung Electronics secara global akan mencapai 80 persen pada paruh kedua 2022, namun realisasinya, Samsung menggenggam 62 persen pangsa pasar smartphone dunia karena kepemimpinan di ceruk pasar niche market yang berkembang. Pertanyaannya, apakah yan dimaksid niche market?

Melansir glints, pada Senin (15/8), niche market adalah spesifikasi target pasar dan konsumen pada satu industri tertentu. Hal ini lazim dilakukan pada sebuah bisnis dalam memfokuskan penjualan produk dan layanan yang ditawarkan. Terlebih persaingan semakin ketat dan luas. Kata kunci yang paling tepat untuk menggambarkan niche market adalah target pasar yang spesifik.

Dengan kata lain, sebuah bisnis tidak bisa menjual produk atau layanannya ke seluruh pasar. Dengan mengetahui target pasar yang lebih spesifik, diharapkan penjualan dan strategi yang diterapkan akan lebih terarah dan berdampak pada raihan keuntungan yang terus bertumbuh.

Cara menententukan niche market

Ilustrasi brand awareness.
Ilustrasi brand awareness. (Pixabay/geralt)

Situs Entrepreneur menuliskan beberapa hal lamgkah dalam menentukan niche market pada suatu bisnis. Pertama, pastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan sesuai dengan minat atau sesuatu yang disukai. Dengan demikian, Anda dapat lebih bersungguh-sungguh dalam menjalani berbagai proses yang dilalui dalam mengetahui niche market.

Setelah kita sudah memastikan bisnis yang dijalani sesuai dengan minat kita, maka kita dapat mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh para calon pelanggan bisnis. Hal ini tentu didukung dengan riset pasar sesuai dengan karakteristik pelanggan yang jadi sasaran (misalnya dari segi umur, sosial ekonomi, lokasi, dan parameter lainnya). Setelah mengetahuinya, maka kita bisa memfokuskan bisnis kita sebagai solusi atas berbagai kebutuhan dan permasalahan pelanggan.

Langkah selanjutnya, lakukan riset kompetisi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bisnis yang dijalankan. Salah satu caranya sederhana, misalnya dengan mencari kata kunci dari bisnis kita lewat beberapa tools, seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dan lainnya. Hal ini berguna agar kita bisa mengembangkan bisnis kita dengan tepat dan terarah.

Terakhir, lakukan tes pasar berdasarkan niche market yang sudah didapatkan lewat beberapa langkah sebelumnya. Anda bisa melihat potensi bisnisyang sedang dijalankan, bila hasilnya kurang bagus, Anda bisa memodifikasi niche market yang sudah ditentukan atau juga menerapkan ide bisnis lain yang lebih sesuai.

Manfaat menentukan niche market

Ilustrasi Investasi Pasar Modal
ShutterStock/MihaCreative

Related Topics