NEWS

Bertemu Kongres AS, Jokowi Bahas Sejumlah Isu Bilateral

Isu menekankan pada kemitraan setara dan kerja sama ekonomi.

Bertemu Kongres AS, Jokowi Bahas Sejumlah Isu BilateralPertemuan Presiden Jokowi dengan delegasi kongres AS. (Tangkapan layar)
04 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delapan delegasi kongres Amerika Serikat (AS) di Istana Merdeka, Rabu (3/5). Pertemuan itu membahas sejumlah isu penting dalam hubungan bilateral kedua negara.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, mengatakan delegasi kongres AS dipimpin oleh Vern Buchanan. “Bapak Presiden menekankan dua hal, yaitu kemitraan yang setara dan komitmen untuk memperkokoh kerja sama ekonomi di antara dua negara,” ujarnya seperti terpantau dari akun YouTube Setpres, Kamis (4/5).

Selain itu, terdapat sejumlah isu penting yang dibahas Presiden Jokowi bersama para delegasi kongres AS. Berikut perinciannya.

Peningkatan kemitraan yang setara

Menurut Menlu, salah satu hal yang ditekankan presiden dalam pertemuan dengan delegasi kongres AS mengenai kemitraan yang didasarkan kesetaraan dan menghasilkan kerja sama saling menguntungkan (win-win).

"Ini betul-betul ditekankan oleh kedua belah pihak,” ujarnya.

Limited free trade agreement

Pertemuan itu juga membahas tentang kesepakatan perdagangan bebas terbatas antarnegara atau limited free trade agreement.

Melansir Reuters (10/4), Indonesia telah mengusulkan perjanjian perdagangan bebas untuk beberapa komoditas mineral yang diekspor ke AS, sehingga perusahaan yang terlibat dalam rantai pasokan baterai kendaraan listrik yang beroperasi di negara tersebut dapat memperoleh keuntungan dari kredit pajak AS.

Meski Indonesia tidak memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan AS, tapi produk nikel indonesia bisa menjadi komoditas penting dalam rantai pasokan kendaraan listrik AS.

Related Topics