NEWS

7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya di Dunia Kerja

Pekerja yang percaya diri bisa meningkatkan kinerja bisnis.

7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya di Dunia KerjaPekerja Kantoran Saat Jam Makan Siang di Canary Wharf, London. Shutterstock/Viiviien
07 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Rasa Percaya Diri adalah hal penting bagi seorang pekerja, khususnya dalam menunjukkan performa terbaik  mereka dan berpengaruh positif pada kinerja perusahaan maupun Karir seseorang.

Namun, banyak faktor membuat pekerja menjadi kurang percaya diri di dunia kerja. Hal itu bisa dicegah dengan mempersiapkan diri menghadapi rasa tidak percaya diri.

Salah satu momen yang membuat timbulnya rasa kurang percaya diri, misalnya saat pekerja melakukan kesalahan atau tidak menemukan ide yang tepat saat rapat. Akibatnya, Anda akan merasa rendah diri dan berdampak terhadap Pekerjaan sehari-hari.

Melansir Glints, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri di dunia kerja.

1. Beri tahun saat sudah menyelesaikan tugas

Cara yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam kerja adalah dengan memberi tahu atasan Anda bahwa Anda telah menyelesaikan tugas. Contohnya, dalam satu hari ada beberapa tugas yang harus Anda kerjakan, dan setelah menyelesaikan satu tugas, segera beri tahu atasan Anda bahwa tugas tersebut telah dikerjakan.

Dengan begitu, setidaknya Anda telah menunjukkan rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan. Melalui cara ini, rasa percaya diri perlahan-lahan akan tumbuh di dalam diri, sehingga membuat Anda lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan selanjutnya.

2. Pelajari skill baru

Kemampuan adalah penunjang Anda untuk meningkatkan produktivitas. Oleh sebab itu, menambah skill dengan mempelajarinya bisa membuat Anda lebih percaya diri melakukan pekerjaan.

Pilihlah skill apa yang Anda inginkan untuk melengkapi diri Anda sebagai pribadi, tak harus selalu yang terkait pekerjaan Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri.

Related Topics