Comscore Tracker
NEWS

Sistem Contra Flow Diterapkan Selama Arus Mudik Lebaran, Ini Skemanya

Berlaku secara situasional atas dasar diskresi Kepolisian.

Sistem Contra Flow Diterapkan Selama Arus Mudik Lebaran, Ini SkemanyaPenerapan contra flow di tol antisipasi lonjakan volume kendaraan saat mudik Lebaran 2022. (dok. jasa Marga)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Sistem rekayasa lalu lintas contra flow akan diberlakukan pada periode mudik Lebaran 2022. Skema ini diberlakukan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan volume kendaraan di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Pihak kepolisian maupun Jasa Marga–memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow sejak Rabu 27 April pukul 07.38 - 11.00 WIB.

Dalam keterangan pers yang diterima Fortune Indonesia pada Rabu (27/4), Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, mengatakan contra flow ini diberlakukan mulai dari km 47 Karawang hingga Gerbang Tol Cikampek Utama di km 70.

Contra flow akan diberlakukan secara situasional dan berdasarkan diskresi Kepolisian,” ujarnya.

Untuk melancarakan arus lalu lintas, Jasa marga juga mengoperasikan 18 gardu tol di Cikampek Utama, sebelumnya yang beroperasi adalah 15 gardu tol. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas transaksi dan mengurai kepadatan.

Jasa Marga imbau pemudik lakukan persiapan matang

Penumpang bersiap-siap memasuki bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) saat mudik ke kampung halaman di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Senin (11/4).

Heru juga mengimbau seluruh pengguna jalan, agar mengantispasi perjalanan dengan pengecekan kendaraan secara menyeluruh, memastikan saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, hingga berhati-hati dalam berkendara.

Selain itu, para pengguna jalan tol juga diimbau untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan dan memastikan bawa bekal dalam perjalanan. Hal ini diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Pantauan peningkatan jumlah kendaraan

Gerbang Tol Cikampek Utama.

Hingga H-6 Lebaran 2022 atau Selasa (26/4), Jasa marga mencatat ada sekitar 762.251 kendaraan meninggalkan Jabodetabek. Total volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek ini naik 4,2 persen dibandingkan saat kondisi normal pada November 2021, dengan total mencapai 731.600 kendaraan.

Dari total jumlah ini, peningkatan yang signifikan terjadi pada Selasa (26/4) dengan peningkatan volume lalu lintas mencapai 89,1 persen dibandingkan periode normal November 2021 di angka 53.570 kendaraan.

Adapun  lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek terbagi menuju tiga arah, yakni mayoritas sebanyak 365.492 kendaraan atau 47,9 persen yang menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 237.702 kendaraan atau 31,2 persen menuju menuju arah Barat (Merak), dan 159.057 kendaraan atau 20,9 persen menuju arah Selatan (Puncak).

Optimalisasi operasional di rest area

Salah satu Rest area yang disiapkan oleh PT JMRB.

Tidak hanya jalan dan gerbang tol, PT Jasamarga Related Business (JMRB) pun memastikan kelancaran pelaksanaan arus mudik dengan menyiapkan operasional para petugas dan sarana di sejumlah rest area.

Seiring jumlah pemudik yang diperkirakan tinggi, Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB, Tita Paulina Purbasari menjelaskan, okupansi rest area akan meningkat. Oleh karena itu, diperlukan adanya optimaslisasi kapasitas rest area untuk memastikan sirkulasi kendaraan dan manuvernya, agar berjalan dengan baik.

“Yang akan kami lakukan untuk mengoptimalkan kapasitas adalah dengan membuat rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area, serta memaksimalkan kapasitas parkir,” ujar Tita. "Penambahan toilet fungsional juga kami lakukan demi menghindari penumpukan pengunjung di toilet-toilet eksisting. Karena, toilet merupakan salah satu fasilitas yang paling sering digunakan oleh pengunjung.”

Selain itu, sejumlah fasilitas lain pun juga disiapkan Jasa Marga, mulai pos kesehatan, layanan vaksinasi gratis, bengkel darurat, hingga gerai pengisian uang elektronik. Hal ini demi kelancaran dan kenyamanan para pemudik Leabran 2022.

Pengguna rest area maksimal istirahat 30 menit

Posko Mudik Sapta Taruna, Kementerian PUPR.

Tita mengatakan bahwa para pengguna rest area untuk beristirahat akan dibatasi maksimal 30 menit. Hal ini sesuai dengan instruksi Kementerian PUPR, untuk mencegah terjadinya kepadatan di dalam rest area. Selain itu, hal ini juga dinilai akan mengurangi risiko terjadinya penularan virus Covid-19.

“Dalam memberikan imbauan tersebut, kami telah menempatkan sejumlah spanduk dan poster di titik-titik tertentu dan menyiarkan melalui public address. Kami juga telah mengimbau kepada para tenant rest area untuk menyiapkan makanan dalam kemasan agar para pengunjung dapat melakukan take away untuk mengurangi kepadatan,” kata Tita. 

Related Articles