NEWS

Ini Sebab Mesin Mobil Mati Saat Berada di Lintasan Kereta

Patuhi aturan lalu lintas supaya terhindar dari kecelakaan.

Ini Sebab Mesin Mobil Mati Saat Berada di Lintasan KeretaLintasan kereta api Bojonggede. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
09 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dalam beberapa bulan terakhir, sering terjadi kasus kendaraan ditabrak kereta saat melalui perlintasan sebidang. Alasannya, mesin kendaraan mati ketika melintasi rel kereta. Lalu, apa yang menyebabkan mesin mobil mati ketika melintas di rel kereta?

Pada Selasa (8/8), sebuah mobil minibus tertabrak kereta api di perlintasan sebidang Bulak Kapal, Bekasi Timur. Sebelumnya, ada juga kasus truk ditabrak kereta di Semarang. Mesin mati menjadi salah satu unsur yang diungkapkan dalam beberapa kasus tersebut.

Untuk itu, dengan mengutip sejumlah sumber, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas sejumlah alasan yang menyebabkan mesin mobil mati ketika melintasi rel kereta.

Arus listrik yang tidak selaras

Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia) pernah menjelaskan bahwa di rel kereta terdapat kabel penghantar arus listrik yang terpasang dan tidak selaras dengan mesin mobil.

Jika kereta api hendak melintas pada jarak 600 meter, arus listrik tersebut akan menghantarkan medan magnet yang tinggi dan akan membuat mesin mobil mati ketika berada di atas rel kereta.

Ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak selaras, maka ada potensi muncul emisi di atas ambang batas. Paparan dari emisi tersebut membuat sistem kelistrikan benda lain mati.  Contohnya adalah electronic control unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mobil macet di tengah rel.

Situs mobil88 menambahkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta api, dalam radius satu kilometer, bisa membuat mati mesin mobil. Itulah mengapa petugas sudah menutup palang pintu perlintasan sebidang bahkan ketika kereta belum terlihat.

Persneling mesin yang tidak dipindahkan

Alasan lain yang dituliskan pada laman mobil88: mesin mati yang disebabkan oleh pengendara mobil yang tidak memindahkan gigi mesin ke putaran yang lebih rendah. Bila ini terjadi, maka putaran mesin dinamo dan koil mobil bisa mati akibat medan magnet dari lokomotif.

Related Topics