NEWS

Kontribusi PDRB Tinggi, Jokowi Imbau Freeport Dikelola Berhati-hati

PTFI berkontribusi besar pada PDRB Mimika dan Papua.

Kontribusi PDRB Tinggi, Jokowi Imbau Freeport Dikelola Berhati-hatiPresiden Jokowi saat menyampaikan pidato di hadapan karyawan PTFI. (tangkapan layar)
31 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta manajemen  PT Freeport Indonesia (PTFI)–perusahaan tambang mineral afiliasi Freeport-McMoRan (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID)– berhati-hati. Sebab, perusahaan ini memiliki kontribusi besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto Regional (PDRB) Kabupaten Mimika maupun Provinsi Papua. 

Oleh karenanya, Jokowi berpesan agar pengelolaan PTFI harus benar hati-hati, karena tidak hanya menyangkut perusahaan, namun juga daerah-daerah di sekitarnya.

“Begitu di sini turun, Papua ikut turun, Mimika ikut turun, hati-hati. Jadi, ternyata setelah saya cek angkanya, kontribusinya sangat besar sekali,”ujar Jokowi dalam kunjungan ke Kabupaten Mimika, Rabu (31/8).

Jokowi mengapresiasi karena PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto) di Kabupaten Mimika, 68 persen di antaranya berasal dari Freeport. “Dan kontribusi terhadap PDRB di Papua itu sebesar 34 persen, itu juga gede sekali.”

 Pada 2021, perseroan membukukan pendapatanUS$7,5 miliar atau sekitar Rp109 triliun.

Komitmen PTFI

Suasana pertambangan di Freeport Indonesia.
Suasana pertambangan di Freeport Indonesia. (dok. PTFI)

Sementara itu, Presiden Komisari PT Freeport Indonesia, Richard Adkerson, mengatakan kerja sama antara Freeport-McMoRan (FCX) melalui PTFI dengan pemerintah Indonesia hingga saat ini terus terbangun dan menguntungkan semua pihak.

“Pada mulanya Anda (Jokowi) menginginkan rakyat Indonesia memiliki 51 persen saham PTFI, hal itu tercapai. Lalu, Anda juga ingin adanya pembangunan smelter, dan kami berkomitmen, hingga kini mencapai progres pembangunan smelter terbaik yang mungkin pernah ada di dunia. Ini menantang dan jadi proyek besar dalam kesepakat investasi,” kata Richard dalam sambutannya.

Dalam perjalannya, PTFI dan pemerintah Indonesia bekerja sama secara baik dan menghasilkan berbagai pencapaian. "Berdasarkan kepemilikan, kini 70 persen dari keuntungan perusahaan diberikan kepada Indonesia, yang tercakup dalam pajak, royalti, dan dividen. Dan kami bangga menjadi bagian dari hal tersebut,” ujarnya.

Papua Football Academy

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama peserta Papua Football Academy (PFA).
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama peserta Papua Football Academy (PFA). (dok. Setkab)

Related Topics