NEWS

Jokowi Ungkap Tiga Kesimpulan KTT ASEAN 2023

Konflik Myanmar harus segera diakhiri.

Jokowi Ungkap Tiga  Kesimpulan KTT ASEAN 2023Presiden Jokowi memberikan keterangan pers didampingi Menlu dan Mensesneg di Labuan Bajo, Kamis (11/5). (Tangkapan layar)
11 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Rangkaian KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT resmi berakhir hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tiga kesimpulan yang dihasilkan dalam perhelatan regional Asia Tenggara tersebut.

Jokowi mengungkapkan bahwa persatuan adalah kunci dari upaya mewujudkan tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. “Indonesia ingin melihat ASEAN kuat, mampu menghadapi tantangan, tanggap terhadap dinamika, dan tetap memegang peran sentral di kawasan,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (11/5).

Berbagai masalah yang dihadapi kawasan, kata Jokowi, membutuhkan peran negara-negara di kawasan sebagai satu keluarga besar ASEAN. “Kesatuannya sangat penting untuk berlayar menuju tujuan yang sama, menjadikan ASEAN epicentrum of growth dan kawasan damai, stabil, dan sejahtera,” katanya.

Kepentingan rakyat

Sesi foto bersama pemimpin ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5).
Sesi foto bersama pemimpin ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5). (Dok. Host KTT ASEAN 2023)

Kesimpulan pertama, Jokowi mengungkapkan kepentingan rakyat jadi perhatian utama bagi para pemimpin negara di ASEAN. “Termasuk perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia. Saya mengajak negara-negara ASEAN untuk menindak tegas pelaku-pelaku utamanya,” katanya.

Masalah Myanmar

Presiden Jokowi membuka KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5).
Presiden Jokowi membuka KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5). (dok. Host KTT ASEAN 2023)

Related Topics