NEWS

Buka KTT ASEAN, Jokowi Dorong Semangat Persatuan Antar Negara

Ini untuk mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

Buka KTT ASEAN, Jokowi Dorong Semangat Persatuan Antar NegaraPresiden Jokowi membuka KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5). (dok. Host KTT ASEAN 2023)
10 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya persatuan antar-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) guna menjadikannya sebagai motor perdamaian dan pertumbuhan ekonomi dunia. 

Menurutnya, ASEAN tidak boleh hanya diam menghadapi perkembangan situasi global saat ini. “Kita semuanya percaya ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya, persatuan. Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan,” ujarnya saat membuka KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5).

ASEAN memiliki banyak aset kuat sebagai epicentrum of growth, seperti ekonomi yang tumbuh jauh di atas rata-rata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga. “Ke depan, ASEAN harus semakin memperkuat integrasi ekonominya, mempererat kerja sama inklusif, termasuk implementasi RCEP [Regional Comprehensive Economic Partnership] dan memperkokoh arsitektur kesehatan pangan, energi, dan stabilitas keuangan,” katanya.

Pentingnya dukungan parlemen

Logo Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.
Logo Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. (Kemlu)

Di hadapan para pemimpin ASEAN dan Organisasi Antarparlemen Negara ASEAN (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly-AIPA), Jokowi menyampaikan bahwa peran parlemen sangat dibutuhkan dalam penyusunan agenda ASEAN tahun 2045.

“Kita harus memastikan ASEAN mampu lebih tanggap dan resilient menghadapi tantangan, sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis. Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi, guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” ujar Presiden Jokowi.

Dia juga berterima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN dalam setiap kebijakan di masa darurat pandemi Covid-19. Hal ini sangat penting dalam membawa negara-negara ASEAN kembali pulih dan melewati masa krisis.

ASEAN Matters: Epicentrum of Growth

Sesi foto bersama pemimpin ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5).
Sesi foto bersama pemimpin ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5). (Dok. Host KTT ASEAN 2023)

Related Topics