NEWS

Ungkap Alasan Impor 2 Juta Ton Beras, Jokowi: Untuk Hadapi El Nino

Jangan sampai Indonesia kekurangan beras di masa paceklik.

Ungkap Alasan Impor 2 Juta Ton Beras, Jokowi: Untuk Hadapi El NinoKeterangan Pers Presiden Jokowi Usai Tanam Padi Bersama Petani, Tuban, Kamis (6/4). (Tangkapan layar)
06 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, impor beras beras sebanyak 2 juta ton yang dilakukan pemerintah sebagai cadangan beras pemerintah (CBP) di Perum Bulog, merupakan upaya mengatasi potensi kemarau panjang akibat badai El Nino tahun ini.

Dengan ketersediaan CBP, Indonesia diharapkan bisa mengantisipasi kekurangan stok beras saat musim kemarau panjang tiba. "Jangan sampai nanti pas sudah musim kering panjang kita bingung mau beli beras ke Thailand, ke Vietnam, ke India, ke Pakistan barangnya tidak ada. Ini yang kita hindari, karena El Nino tidak hanya di Indonesia saja, di negara-negara itu juga terjadi," katanya seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (6/4).

Padahal, pemerintah seharusnya hanya mengatur volume CBP mencapai 1,2 juta ton. Namun, dengan kebutuhan yang cukup mendesak menjelang musim paceklik, volume CBP itu pun dilebihkan 800.000 ton.

Stok CBP yang disimpan Bulog diketahui hanya tersisa 227 ribu ton dan dikhawatirkan jumlahnya tak mencukupi pada musim paceklik. Jumlah ini dianggap berbahaya karena sejumlah penugasan Bulog yang dengan kebutuhan stok beras yang cukup tinggi. Belum lagi, Bulog tengah mengalami kesulitan menyerap beras dari petani, karena harus bersaing dengan swasta, termasuk dengan adanya praktik penimbunan.

Tak ganggu harga gabah petani

Pekerja mengangkut beras di gudang Bulog Divre Banten, di Serang, Jumat (22/7). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kendati demikian, Jokowi memastikan keputusan impor beras ini tak akan mengganggu harga gabah petani. “Tadi sudah disampaikan oleh Pak Henry Saragih (Serikat Petani Indonesia/SPI) dan datangnya juga bertahap,” ujarnya.

Pengadaan beras tersebut menurutnya akan dilakukan secara bertahap, sesuai penugasan Badan Pangan Nasional kepada Bulog 24 Maret 2023. Meski tetap memprioritaskan penyerapan beras domestik di masa panen raya hinggi Mei mendatang, pada tahap pertama impor beras ini ditargetkan mencapai 500.000 ton.

Peningkatan sektor pertanian

Presiden Jokowi tinjau panen raya di Maros, Sulsel, Kamis (30/3).
Presiden Jokowi tinjau panen raya di Maros, Sulsel, Kamis (30/3). (dok. Setkab)

Related Topics