NEWS

Kemenhub Akan Kaji Pengembangan Kendaraan Otonom di Indonesia

Banyak faktor yang perlu dimatangkan.

Kemenhub Akan Kaji Pengembangan Kendaraan Otonom di IndonesiaPeresmian Penggunaan Kendaraan Listrik Otonom oleh pengembang properti Sinar Mas Land bekerja sama dengan Mitsubishi Corporation, Jumat (20/5) di BSD City, Tangerang. (Dok. Kemenhub)
30 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengkaji lebih lanjut pengembangan moda transportasi umum menggunakan kendaraan otonom di Indonesia.Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa konsep kendaraan otonom yang dilengkapi teknologi swakemudi ini bisa direalisasikan ke depan. 

“Kami akan membuat suatu konsep, nanti akan ketemu equilibriumnya kapan kita akan melakukannya,” katanya dalam kunjungan ke Terminal Giwangan, Yogyakarta, Minggu (29/5).

Meski masih memerlukan kajian, Menhub setuju bahwa kendaraan otonom adalah konsep yang cerdas untuk diterapkan pada sistem transportasi massal. Percepatan pun akan terus dilakukan pemerintah, baik melalui proses kajian maupun kerja sama dengan sejumlah pihak.

Butuh kajian yang panjang

Menhub saat berkunjung ke Terminal Giwangan, Yogyakarta (30/5).
Menhub saat berkunjung ke Terminal Giwangan, Yogyakarta (30/5). (Dok. Kemenhub)

Menhub mengatakan, implementasi kendaraan otonom di Indonesia masih membutuhkan kajian panjang. Ada banyak faktor yang harus dimatangkan dan dipersiapkan seperti penerapan teknologi dan adaptasi masyarakat.

“Satu keniscayaan bahwa autonomous itu menjadi harapan masa depan, tapi di lain sisi kita butuh lapangan pekerjaan,” ujar Menteri Budi Karya.

Kendaraan otonom di IKN

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. (dok. Setkab)

Related Topics