NEWS

Kementan Siapkan 6 Provinsi Penyangga Utama Pasokan Pangan

Hal ini dilakukan dalam rangka antispasi datangnya El Nino.

Kementan Siapkan 6 Provinsi Penyangga Utama Pasokan PanganMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (Tangkapan layar)
21 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pertanian telah mempersiapkan enam Provinsi untuk dijadikan sebagai penyangga utama pasokan pangan nasional. Hal ini guna mengantisipasi masuknya periode puncak El Nino yang diperkirakan akan terjadi pada Agustus-September 2023.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, keenam Provinsi tersebut adalah Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan, Sulawesi Selayan, dan Lampung. “Saya minta Jawa Barat maksimal mendukung dan bersama-sama bekerja dalam menjabarkan perintah bapak Presiden dalam menghadapi El Nino,” katanya seperti dikutip dari Antara News, jumat (21/7).

Untuk mengoptimalkan produksi pangan dan mengantisipasi kekeringan panjang, maka Jawa Barat akan melaksanakan Gerakan Percepatan Tanam (Gertam). Setiap Kabupaten akan melaksanakannya di lahan minimal 1.000 hektare.

Meski terdapat enam provinsi yang dijadikan penyangga pasokan pangan, namun kerja sama juga harus dilaksanakan mulai dari tingkat Kabupaten. “Saya optimistis kita bisa menjaga pangan lebih dari 280 juta jiwa masyarakat Indonesia secara baik, kita bisa bersama-sama melewati ini,” ujar Menteri Syahrul.

Pemetaan di daerah

Ilustrasi : Sektor pertanian memegang peranan penting dalam kunci kebangkitan ekonomi nasional
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp

Sementara itu, untuk memaksimalkan pengendalian persebaran pangan di seluruh wilayah Indonesia, pemerintah sudah mulai memetakan wilayah di masing-masing provinsi, dengan simbol warna, merah, kuning, dan hijau.

“Untuk daerah yang hijau, yang airnya masih lebih dari cukup, harus kita dukung maksimal di situ. Untuk daerah kuning, yang airnya cukup, akan kita intervensi melalui irigasi, mekanisasi, varietas unggul. Untuk daerah merah, pemerintah daerah dapat mendorong daerah ini menjadi lumbung-lumbung pangan,” kata Syahrul.

Ketersediaan pangan penting

Sejumlah pedagang menata sayur dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (2/2/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Related Topics