NEWS

Gaji UMR Taiwan 2024 untuk TKI, Segini Kisarannya!

Mengalami kenaikan pada tahun 2024

Gaji UMR Taiwan 2024 untuk TKI, Segini Kisarannya!Ilustrasi taiwan (unsplash/jiachen lin)
16 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Gaji UMR Taiwan menjadi topik yang banyak dicari pekerja Indonesia yang ingin bekerja di sana. Dapat bekerja di luar negeri menjadi salah satu pilihan menarik bagi pekerja yang ingin mencari penghasilan lebih tinggi. 

Taiwan termasuk ke dalam negara tujuan yang menawarkan gaji yang cukup tinggi bagi pekerjanya. Tidak heran, Taiwan menjadi salah satu negara tujuan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sedang mencari kerja di luar negeri.

Lantas, berapa kisaran upah minimum regional (UMR) pekerja di Taiwan tahun 2024? Berikut informasi mengenai besaran upah atau gaji yang bisa diterima TKI di sana.

Berapa gaji UMR Taiwan 2024?

Gaji UMR Taiwan diketahui mengalami penyesuaian per tanggal 1 Januari 2024. Artinya, gaji pekerjanya mengalami kenaikan.

Berlaku Januari 2024, gaji pekerja Taiwan naik dari 26.400 New Taiwan Dollar menjadi 27.470 New Taiwan Dollar atau setara dengan Rp13 juta per bulan. Untuk upah minimum per jam, setiap pekerja akan mendapatkan gaji sebesar 183 New Taiwan Dollar atau setara dengan Rp88 ribu.

Perlu diingat, besaran gaji setiap TKI yang bekerja di Taiwan bisa berbeda-beda. Hal tersebut dibedakan sesuai dengan jenis pekerjaan, jam kerja, hingga pengalaman yang dimiliki setiap pekerja. 

Selain itu, tenaga kerja laki-laki memiliki kecenderungan mendapatkan upah yang lebih tinggi dari tenaga kerja wanita (TKW).

Gaji TKI Taiwan

Taiwan memang kerap menjadi destinasi TKI untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi. Selain mengetahui gaji UMR Taiwan, gaji TKI Taiwan bisa berbeda-beda sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

Berikut kisaran upah atau gaji TKI Taiwan berdasarkan bidang pekerjaannya:

1. Gaji TKI yang bekerja di bidang rumah tangga

Banyak TKI pergi ke Taiwan yang bekerja di bidang rumah tangga karena tawaran gaji yang menarik. Pekerja Indonesia yang bekerja di sektor rumah tangga dapat mendapatkan gaji berkisar mulai dari 20.000-40.000 New Taiwan Dollar atau setara dengan Rp9,7-19,4 juta per bulan.

2. Gaji TKI yang bekerja di bidang buruh pabrik

Selain sektor rumah tangga, banyak TKI yang juga bekerja di bidang buruh pabrik. Kisaran gaji yang ditawarkan sebesar 27.470-60.000 New Taiwan Dollar atau setara dengan Rp13,3-29 juta per bulan. 

Selain gaji pokok, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan sistem lembur bagi pekerjanya.

3. Gaji TKI yang bekerja di bidang profesional

Berbekal ijazah sarjana atau lebih tinggi, Anda bisa mendapat tawaran gaji yang lebih tinggi. Gaji TKI yang bekerja pada bidang profesional bisa memperoleh 27,470-100.000 New Taiwan Dollar atau setara dengan Rp13,3-49,5 juta per bulan. 

Perlu diingat, besaran gaji juga disesuaikan dengan jenis industri, lokasi pekerjaan, hingga pengalaman yang Anda miliki.

Related Topics