NEWS

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kecelakaan, Total Korban 6 Orang

Ada korban jiwa dan luka dalam kecelakaan di proyek KCJB.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kecelakaan, Total Korban 6 OrangProses evakuasi kecelakaan kereta teknis pembangunan jalur KCJB. (ANTARAFOTO/Raisan Al Farisi)
19 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kereta teknis yang beroperasi pada pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mengalami kecelakaan atau anjlok di area Cipada, Cikalongwetan, Bandung Barat, pada Minggu petang (18/12). 

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), Rahadian Ratry, mengatakan, kereta yang anjlok adalah lokomotif kereta kerja dan mesin pemasangan rel. “Proses evakuasi sudah berlangsung sejak Minggu malam dan masih berlangsung hingga Senin (19/12) pagi,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Senin (19/12).

Kecelakaan ini terekam dalam sebuah video berdurasi 16 detik yang tersebar di madia sosial. Dalam video tersebut, kereta kerja yang berwarna hijau dan bergandengan dengan mesin pengangkut rel tampak keluar dari jalur rel, sehingga mesin pengankut rel tersebut menabrak pinggiran area proyek.

Proses pembangunan KCJB akan tetap berjalan dan berfokus pada pembangunan stasiun serta pemasangan subsistem perkeretaapian dengan prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan, termasuk pemasangan rel tanpa balas.

“KCIC akan melakukan evaluasi menyeluruh atas SOP pemasangan rel, dan SOP Pekerjaan lainnya, serta memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB mengimplementasikan aspek Safety, Security, Health and Environment (SSHE),” kata Rahadian.

Terdapat korban jiwa dan luka-luka

Proses evakuasi kecelakaan kereta teknis pembangunan jalur KCJB.
Proses evakuasi kecelakaan kereta teknis pembangunan jalur KCJB. (ANTARAFOTO/Raisan Al Farisi)

Meski begitu, KCIC menyebutkan kejadian tersebut masih dalam investigasi Mabes Polri, KCIC, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Akibat kecelakaan, enam orang jadi korban, yang mana dua meninggal dunia sedangkan empat lainnya luka berat.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Polisi Dedi Prasetyo, menyampaikan bahwa penyidik dari Polda Jawa Barat sudah melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan dari sejumlah saksi di tempat kejadian. “Saksi-saksi yang sudah diperiksa oleh penyidik Polda Jabar, informasi yang saya dapatvtadi malam kurang lebih 18 orang,” katanya.

Berdasarkan info awal, dua korban meninggal adalah pekerja teknis bernama Shin Shang (40) serta Chang Shin Yung (36). Keduanya merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Cina. Sementara, korban luka antara lain, Wang Jiji, Jie Thencang, dan Chao Qianyo, dan satu korban yang belum diketahui identitasnya. Mereka sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Dihentikan sementara

Proses evakuasi kecelakaan kereta teknis pembangunan jalur KCJB.
Proses evakuasi kecelakaan kereta teknis pembangunan jalur KCJB. (ANTARAFOTO/Raisan Al Farisi)

Related Topics