NEWS

Komitmen RI, Malaysia dan Thailand Tingkatkan Kerja Sama Subregional

IMG-GT catat peningkatan sosial ekonomi di subregional.

Komitmen RI, Malaysia dan Thailand Tingkatkan Kerja Sama SubregionalPertemuan Tingkat Menteri ke-8 IMT-GT, di Phuket, Thailand. (imtgt.org)
19 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Indonesia, Malaysia dan Thailand bekerjasama meningkatkan perekonomian subregional dan tumbuh kembangnya kawasan ASEAN melalui langkah strategis. Ketiganya juga sepakat menghadapi dinamika geopolitik dunia bersama, serta menghidupkan kembali pembangunan sosial dan ekonomi.

Pernyataan bersama tersebut tertuang dalam Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Phuket, Thailand.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan, kerja sama berpusat pada koridor integrasi regional, pertumbuhan dari sektor swasta, pengaturan kelembagaan yang responsif, pertumbuhan inklusif, dan adopsi ekonomi hijau, biru, maupun sirkular.

Sejumlah negara mendukung Implementation Blueprint (IB) IMT-GT 2022-2026, sebagai pedoman kerja sama ntuk lima tahun ke depan. “IB IMT-GT 2022-2026 merupakan kompas untuk mencapai Visi 2036 dari subregional,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenperin, Senin (19/9).

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, beberapa indikator sosial ekonomi menunjukkan adanya perbaikan. Perdagangan subregional mencatat peningkatan yang signifikan dari US$350,9 miliar pada 2020 menjadi US$618,1 miliar di tahun 2021. Sementara, total investasi subregional juga meningkat dari US$26,1 miliar pada 2020 jadi US$58,5 miliar pada 2021.

Visi IMT-GT 2036

Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 IMT-GT, di Phuket, Thailand.
Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 IMT-GT, di Phuket, Thailand. (dok Kemenperin)

Melansir imtgt.org, visi IMT-GT yang ingin dicapai adalah menjadi sub-kawasan yang terintegrasi, inovatif, inklusif, dan berkelanjutan pada tahun 2036. Ini adalah strategi bersama untuk mendorong pertumbuhan melalui integrasi dan inovasi ekonomi regional yang lebih besar, serta melestarikan dan berinvestasi dalam modal alam IMT-GT untuk kesejahteraan masyarakat.

Ada tiga sasaran prioritas untuk wujudkan visi dari IMT-GT, yakni sektor pertanian yang berkelanjutan, inklusif dan inovatif; basis industri yang kompetitif, inovatif dan maju; serta Keunggulan IMT-GT yang berkelanjutan, inklusif, dan kompetitif, potensi pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan dengan efek pengganda yang signifikan di seluruh perekonomian subregional.

Kerja sama pariwisata, pangan, ekonomi halal, dan transportasi

Ilustrasi produk halal dijual di Thailand. Shutterstock/kyozstorage_stock

Related Topics