NEWS

Mengenal Apa Itu Frugal Living dan Contoh Penerapannya

Frugal living fokus pada prioritas kebutuhan hidup.

Mengenal Apa Itu Frugal Living dan Contoh Penerapannyailustrasi investasi (pexels.com/Joslyn Pickens)
31 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Fortune.com pernah melaporkan, Generasi milenial dan Gen Z di Cina, kini mulai menghindari gaya hidup boros dan konsumerisme. Gerakan sosial yang disebut sebagai frugal living ini kian meluas di tengah situasi global yang tidak menentu, dimulai sejak pandemi Covid-19. Lalu, apa sebenarnya frugal living itu?

Berdasarkan arti katanya, frugal memiliki arti hemat. Sehingga, frugal living secara sederhana dapat didefinisikan sebagai hidup berhemat. Situs wealthsimple.com menerangkan, frugal living sebagai sikap sadar akan pengeluaran keuangan dan fokus pada beberapa hal yang harus diprioritaskan.

Seseorang yang ingin hidup hemat harus memiliki tujuan utama. Jadi, mereka akan meninggalkan gaya hidup konsumtif dengan berbagai pemborosan, demi mengubah pengelolaan keuangan mereka demi mencapai tujuan hidup yang lebih sejahtera dan berkecukupan. 

Frugal living di masa sulit

cash flow positif adalah pemasukan lebih besar dari pengeluaran
ilustrasi cash flow (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Frugal living bisa menjadi sebuah solusi di tengah situasi dunia yang tak pasti, sebut saja pandemi Covid-19, konflik Rusia-Ukraina, krisis energi, krisis pangan, hingga inflasi di berbagai negara, dan perkiraan terjadinya resesi global pada 2023.

Untuk itu, masyarakat perlu lebih waspada dalam mengelola keuangannya.  Dengan demikian, frugal living dapat menjadi cara untuk menjalani hidup yang lebih tertata.

Sebagai contoh, bila sebelumnya kita memiliki gaya hidup yang cukup mahal, seperti sering berbelanja barang mewah, rutin nongkrong di kafe-kafe mahal, dan mengejar untuk menjadi yang pertama membeli produk elektronik terbaru, maka dengan frugal living semua ini harus berubah. Bukannya tak boleh menikmati berbagai materi tersebut, namun prioritas harus menjadi acuan utama dalam pengelolaan keuangan.

Manfaat

Persiapan inflasi dengan mencatat pengeluaran
ilustrasi persiapan inflasi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Related Topics