NEWS

Megawati Umumkan Mahfud MD Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

Megawati sebut pemimpin harus digembleng lahir batin.

Megawati Umumkan Mahfud MD Sebagai Cawapres Ganjar PranowoGanjar Pranowo, Mahfud MD, dan Puan Maharani. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
18 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, secara resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres), untuk mendampingi calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang akan maju dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden RI 2024.

“Dengan mengucapkan bismillah hirohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," ujar Megawati, di Jakarta, Rabu (18/10).

Menurut Megawati, seorang pemimpin harus lahir dari gemblengan lahir batin. “Ditempa keteguhannya, memiliki kesetiaan pada prinsip, kokoh pada jalan Pancasila, merakyat, visioner, dan memiliki kemampuan profesional. Setidaknya telah berprestasi dalam jabatan strategis di tingkat nasional, dan memiliki pengalaman konkret di pemerintahan,” ujarnya.

Lokasi pengumuman

Megawati mengumumkan sosok cawapres yang diusung koalisi partainya di kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurutnya, lokasi ini akan mengingatkan para calon tentang sejarah perjuangan reformasi. “Karena ketika ada reformasi, itu bukan jalan lenggang kangkung (santai), tapi itu peristiwa yang dilalui dengan penuh cucuran air mata, darah, lalu semangat juang yang luar biasa,” katanya.

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh politik, seperti Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibyo. Selain itu, hadir juga kandidat bakal cawapres Ganjar yang juga politikus PPP, Sandiaga Uno. Lalu, sejumlah elit partai pengusung pasangan Ganjar-Mahfud.

Kekayaan

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang paling terakhir, Ganjar Pranowo memiliki kekayaan Rp15.417.702.482.

Adapun, kekayaan Ganjar didominasi kas dan setara kas senilai Rp7.202.414.732, disusul tanah dan bangunan senilai Rp6.152.426.000, dan sisanya kekayaan lain seperti alat transportasi dan mesin.

Sementara, data terakhir kekayaan Mahfud MD mencapai Rp29.546.144.117, dan mengacu pada LHKPN yang disampaikan pada 31 Maret 2023, saat ia menjabat Menkopolhukam.

Sama seperti Ganjar, harta Mahfud yang memiliki nilai terbesar adalah kas dan setara kas sebesar Rp15.802.328.117, diikuti aset tanah dan bangunan senilai Rp12.060.316.000. Sisanya, Mahfud memiliki alat transportasi dan mesin serta harta bergerak lain.

Related Topics