NEWS

Mengenal Apa Itu Mobilitas Sosial, Bentuk, dan Faktornya

Mobilitas sosial bisa jadi acuan pertumbuhan ekonomi.

Mengenal Apa Itu Mobilitas Sosial, Bentuk, dan Faktornyailustrasi kota di Indonesia (unsplash.com/Adrian Pranata)
17 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dalam sebuah negara yang terus mengalami pertumbuhan, mobilitas sosial adalah satu tolok ukur pergerakan ekonomi masyarakat. Lantas, apa yang dimaksud dengan mobilitas sosial?

Melansir ruangguru.com, mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan sederajat.

Hasil perpindahan bisa berbeda-beda, karena mobilitas sosial biasanya terbagi menjadi beberapa bentuk, yang tidak lepas dari sejumlah faktor yang mendorong atau menghambatnya. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulasnya lebih mendalam.

Bentuk

Ilustrasi pekerja.
Ilustrasi pekerja. (Pixabay/coffee)

Mobilitas sosial terbagi ke dalam empat : 

  1. Mobilitas Sosial Vertikal
    Mobilitas vertikal adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya, seperti halnya sebuah garis vertikal. Dalam posisi ini, perpindahan status sosial yang terjadi bisa menjadi lebih tinggi (naik) maupun lebih rendah (turun).
  2. Mobilitas Sosial Horizontal
    Dalam mobilitas horizontal, perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya atau akan tetap sejajar seperti sebelumnya. Contoh bentuk mobilitas ini adalah perpindahan seorang dokter dari satu daerah ke daerah lain, tanpa mengubah penghasilan dan jabatannya sebagai seorang dokter.
  3. Mobilitas Sosial Antargenerasi
    Istilah ini diartikan sebagai perpindahan kedudukan sosial yang dialami seseorang dengan melibatkan perbedaan generasi di dalamnya. Mobilitas sosial antargenerasi bisa naik dan turun. Artinya, tiap generasi dalam satu kelompok bisa punya kedudukan yang semakin tinggi atau rendah di masyarakat. Misalnya, dulu, kakek dan nenek kita hanya bisa sekolah sampai tingkat SMA saja. Kemudian, di generasi selanjutnya, statusnya naik jadi bisa bersekolah sampai jenjang Sarjana.
  4. Mobilitas Sosial Intragenerasi
    Bentuk ini menggambarkan bagaimana perpindahan kedudukan sosial ini dialami oleh generasi yang sama. Menurut definisinya, mobilitas sosial intragenerasi adalah perpindahan kedudukan sosial yang terjadi pada generasi yang sama.

Faktor pendorong

Pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di SD Negeri Bhayangkari, Kota Serang, Banten.
Pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di SD Negeri Bhayangkari, Kota Serang, Banten. (ANTARAFOTO/Asep Fathulrahman)

Related Topics