NEWS

Pengertian Desentralisasi dan Penerapannya

Desentralisasi buka ruang partisipasi lebih dari masyarakat.

Pengertian Desentralisasi dan PenerapannyaDiagram desentralisasi. (Wikimedia Commons)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

19 October 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Untuk merealisasikan pemerataan pembangunan, salah satu asas yang dianut pemerintah Indonesia adalah desentralisasi. Sejak masa reformasi di tahun 1998, istilah ini sering disebut untuk menggantikan sentralisasi yang menjadi salah satu penyebab tidak meratanya pembangunan di Indonesia. 

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), desentralisasi adalah penyerahan wewenang dari sebuah posisi dalam satu struktur ke tingkat yang lebih rendah. Desentralisasi biasanya dilakukan sebuah posisi dengan mendelegasikan tanggung jawab dan pengambilan keputusan kepada tingkatan yang berada di bawahnya.

Dalam lingkup pemerintahan, istilah ini diartikan sebagai penyerahaan wewenang dan kekuasaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah secara otonomi, untuk mengurus pemerintahan. Desentralisasi menjadi perwujudan dari sistem demokrasi yang membuka ruang partisipasi masyarakat. Di Indonesia, hal ini diatur dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 32 2004.

Dengan demikian, desentralisasi pada sektor ekonomi merujuk pada transfer fungsi pemerintah kepada sektor swasta. Artinya, penugasan yang sebelumnya ditangani oleh pemerintah diserahkan kepada perusahaan swasta, kepentingan kelompok, organisasi sukarela, dan organisasi non-pemerintah lainnya.

Asas dan tujuan

Beda diagram sentralisasi dan desentralisasi.Beda diagram sentralisasi dan desentralisasi. (Wikimedia Commons)

Asas desentralisasi terbagi menjadi empat, yakni desentralisasi sebagai penyerahan kewenangan dan kekuasaan; desentralisasi sebagai pelimpahan kekuasaan dan kewenangan; desentralisasi sebagai pembagian, penyebaran, perencanaan, pemberian kekuasaan dan wewenang; serta desentralisasi sebagai sarana dalam pembagian dan pembentukan dalam pemerintahan.

Adapun tujuan penerapan asas desentralisasi ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam pencapaian tujuan organisasi. Selain itu, pemberian kewenangan dari atas ke bawah ini juga diharapkan dapat membentuk delegasi yang mampu mengambil keputusan secara mandiri.

Kelebihan dan kekurangan

Suasana deretan gedung bertingkat dan rumah permukiman warga di kawasan Jakarta, Selasa (21/12/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.Suasana deretan gedung bertingkat dan rumah permukiman warga di kawasan Jakarta, Selasa (21/12/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.

Related Topics