NEWS

Waspada, Subvarian Baru Omicron Mampu Hindari Kekebalan Imun

Namun, subvarian ini tidak menyebabkan gejala parah.

Waspada, Subvarian Baru Omicron Mampu Hindari Kekebalan ImunJuru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Tangkapan layar)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Subvarian baru Omicron Covid-19 yang sudah terdeteksi di Indonesia, yakni BA.4 dan BA.5 perlu diwaspadai. Pasalnya, virus varian baru ini disebut memiliki kemampuan menghindar dari kekebalan imunitas yang sudah terbentuk saat seseorang  pernah terinfeksi Covid-19 maupun yang didapat lewat vaksinasi.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah resmi menyatakan subvarian ini sebagai Variant of Concern. “Mengingat penularan yang cukup masif dan menyebabkan lonjakan kasus di negara lain,” ujarnya dalam Konferensi Pers perkembangan penanganan Covid-19 secara daring, Selasa (14/6).

Selain itu, studi awal di Eropa menyatakan bahwa varian-varian baru ini mengalami perubahan karakteristik daripada varian sebelumnya. “Walau begitu, tidak ditemukan adanya indikasi bahwa varian (baru) ini menyebabkan gejala yang lebih parah (dari varian sebelumnya),” ucapnya.

Vaksinasi masih cukup efektif tingkatkan perlindungan

ilustrasi : vaksin Covid-19Shutterstok/ wisely

Berdasarkan European Center for Disease and Control, peluang penularan varian ini lebih rendah pada seseorang yang sudah divaksin, dibandingkan mereka yang sudah pernah terinfeksi namun belum divaksin.

“Saat ini, ahli-ahli masih sepakat bahwa vaksinasi masih cukup efektif meningkatkan perlindungan dari beberapa varian baru yang ada,” kata Wiku.

Belajar dari penanganan kasus di waktu-waktu sebelumnya, Wiku mengingatkan bahwa vaksinasi dapat mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas. “Di masa transisi (menuju endemi) ini, pemerintah berharap, imbauan seperti protokol kesehatan, termasuk perilaku hidup bersih dan sehat, serta vaksinasi, dapat dilakukan dengan penuh kesadaran oleh masing-masing individu,” ucapnya.

Upaya antisipasi yang dilakukan pemerintah

Tabel karakteristik Subvarian Baru Omicron.Tabel karakteristik Subvarian Baru Omicron. (Tangkapan layar)