NEWS

Apakah Gerhana Matahari 20 April Dapat Diamati dari Jakarta?

Pengamatan harus memakai filter khusus matahari.

Apakah Gerhana Matahari 20 April Dapat Diamati dari Jakarta?Ilustrasi gerhana matahari. Shutterstock/Muratart
19 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pada Kamis (20/4) Indonesia akan dilewati oleh gerhana matahari hibrida. Ini jenis gerhana yang terhitung unik karena sebagian wilayah yang dilewati jalur gerhana akan mengalami gerhana total, sementara sebagian wilayah lainnya gerhana cincin

Menurut peneliti ahli madya di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Johan Muhammad, gerhana matahari hibrida merupakan gerhana matahari yang dari sebagian wilayah Bumi tergolong jenis total, tetapi di sebagian wilayah lain terlihat sebagai gerhana matahari cincin.

Hal tersebut dimungkinkan karena berubahnya jarak antara permukaan Bumi yang melengkung dengan bulan sebagai objek yang menghalangi matahari saat terjadi gerhana.

Gerhana ini spesial karena jarang terjadi, katanya. 

"Gerhana matahari total akan teramati khususnya di wilayah Indonesia bagian timur yang terbilang singkat kurang lebih 1 menit, sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai gerhana matahari parsial. Gerhana matahari ini akan teramati sebagai gerhana matahari cincin di wilayah selatan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik," ujar Johan dikutip dari siaran pers BRIN (19/4).

Sebagian lintasan gerhana matahari total 2023 akan melewati lautan seperti Laut Timor dan Laut Banda. Daratan yang dilalui jalur gerhana matahari total adalah sebagian Timor Leste dan beberapa daerah di Papua Barat.

"Pada tanggal 20 April 2023 mendatang, kami akan melakukan pengamatan di Biak. Sebelumnya, kami telah melakukan simulasi prakiraan penampakan gerhana matahari 2023 dengan menggunakan data efemeris bulan dan matahari yang diintegrasikan menggunakan pemrograman komputer, sehingga visualisasinya dapat ditampilkan sesuai dengan waktu dan lokasi pengamat berada," katanya.

"Prakiraan yang kami dapatkan adalah untuk gerhana matahari total di Biak kontak yang terjadi adalah mulai gerhana sebagian adalah pada pukul 12.20 WIT, mulai gerhana total pada pukul 13.56 WIT, puncak gerhana total adalah pada pukul 13.57 WIT, akhir gerhana total pada pukul 13.57 WIT, dan akhir gerhana sebagian pada pukul 15.26 WIT," ujarnya.

Untuk gerhana matahari sebagian yang diamati dari Lampung dan dapat diamati di Jakarta yaitu mulai gerhana sebagian pada pukul 09.31 WIB, puncak gerhana sebagian pada pukul 10.44 WIB, dan akhir gerhana sebagian pada pukul 12.02 WIB.

Dalam mengamatinya, Johan menyarankan untuk tidak melihat matahari secara langsung tanpa menggunakan filter khusus matahari.

"Alat yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana Matahari adalah teleskop yang dilengkapi filter matahari, kacamata khusus gerhana matahari, kamera DSLR lensa telephoto yang dilengkapi filter matahari dan kamera pinhole (lubang jarum)," ujarnya.

Related Topics