NEWS

Diaspora Adalah Orang yang Bermigrasi, Ketahui Manfaatnya

Pahami dari definisi dan manfaatnya

Diaspora Adalah Orang yang Bermigrasi, Ketahui Manfaatnyailustrasi diaspora (unsplash.phil mosley)
17 May 2024

Istilah Diaspora cukup familier didengar warga negara Indonesia yang menetap di luar negeri. Diaspora adalah istilah yang digunakan pada kelompok masyarakat yang melakukan perpindahan dari tanah airnya ke negara lain. 

Sederhana, diaspora dapat dipahami sebagai kondisi seseorang atau kelompok tertentu yang melakukan migrasi karena paksaan atau sukarela. Perpindahan tempat tersebut juga memiliki sejumlah manfaat bagi negara asalnya. Berikut informasi lengkap mengenai diaspora.

Pengertian diaspora

Dilansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diaspora dapat dipahami sebagai masa tercerai-berainya suatu bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan bangsa tersebut tidak memiliki negara. Salah satu contohnya bangsa Yahudi yang tersebar di seluruh dunia.

Secara umum, diaspora adalah penyebaran suatu kelompok masyarakat tertentu yang memiliki kesamaan latar belakang serupa ke berbagai penjuru dunia, baik disebabkan oleh paksaan, kondisi tertentu, atau sukarela. Istilah diaspora memang lebih banyak dikenali dalam kelompok masyarakat tertentu yang tinggal di luar negeri.

Dengan kata lain, diaspora merujuk pada kelompok atau komunitas yang bermigrasi dan merantau di luar tanah kelahirannya. Faktor penyebabnya juga bisa terjadi karena banyak hal sesuai dengan latar belakang dan tujuannya.

Pengertian diaspora menurut para ahli

1. International Organization for Migration (IOM)

Organisasi internasional yang khusus menangani fenomena migrasi ini mendefinisikan diaspora sebagai emigran dan keturunannya yang tinggal di luar negara tempat lahir atau nenek moyangnya. Namun, mereka tetap mempertahankan hubungan sentimental dan material dengan negara atau tempat asalnya. 

2. Sujatmiko

Menurut Sujatmiko, dispora adalah suatu istilah yang merujuk pada suatu bangsa atau penduduk etnis tertentu yang terpaksa atau terdorong untuk meninggalkan tanah tradisionalnya. Penyebarannya ke berbagai tempat dan perkembangannya dihasilkan karena penyebaran dan budaya mereka.

3. Gabriel Sheffer

Gabriel memahami diaspora modern sebagai kelompok etnis minoritas migran yang bertempat tinggal dan bertindak di negara lain, tetapi masih mempertahankan hubungan sentimental dan material yang kuat dengan tanah air atau negara asalnya.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.