NEWS

El Savador Menambang Bitcoin dengan Energi Panas Bumi

Solusi untuk penambangan kripto yang lebih bersih?

El Savador Menambang Bitcoin dengan Energi Panas BumiShutterstock/SPF
01 October 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden El Salvador, Nayib Bukele, pada bulan Juni mengatakan bahwa negara itu akan menggunakan panas bumi dari gunung berapinya untuk menambang Bitcoin.

Dikutip dari Reuters, Kamis (30/9) Bukele meminta perusahaan listrik geothermal milik negara, LaGeo, untuk mengembangkan rencana pembangunan fasilitas penambangan Bitcoin dengan memanfaatkan energi terbarukan dari gunung-gunung berapi. Wacana tersebut kini dibuktikan. Seperti apa tambang kripto dengan energi vulkanik?

Tambang kripto pertama dengan energi panas bumi

Twitter/NayibBukele

Tampaknya rencana tersebut, berjalan mulus. Proyek tersebut diumumkan pada Selasa (28/9), melalui akun Twitter @nayibbukele. Bukele juga mengatakan, bahwa El Salvador memulai proyek untuk menggunakan energi panas bumi—dari gunung berapi—untuk menambang Bitcoin. 

Dalam video berjudul “First steps" disertai dengan emoji gunung berapi, menunjukkan pusat data di hutan. Tampak pula seorang pekerja di dalam pusat yang menghubungkan kabel ke mesin penambangan Bitcoin.

Penambangan dilakukan melalui proses intensif energi menggunakan komputer mutakhir untuk memverifikasi transaksi di blockchain. Hingga kini, video berdurasi 25 detik itu menyita perhatian lebih dari 2,2 juta penonton.

Upaya membuat Bitcoin ramah lingkungan

Ilustrasi Bitcoin fisik.
Ilustrasi Bitcoin fisik. (Shutterstock/Kitti Suwanekkasit)

Related Topics