NEWS

Mobil Listrik Wuling Bingo Siap Meluncur, Berapa Harganya?

Wuling Bingo EV sudah terdaftar di Samsat DKI Jakarta.

Mobil Listrik Wuling Bingo Siap Meluncur, Berapa Harganya?Wuling Bingo/Dok. Wuling
06 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Menyusul kesuksesan Wuling Ai EV, Wuling tampaknya akan memboyong mobil listrik terbarunya ke Indonesia, Wuling Bingo EV.

Kendaraan yang  sudah diperkenalkan di Indonesia pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 ini sudah terdaftar di situs Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tercatat data mobil dengan kode E206REV yang disinyalir merupakan mobil listrik baru Wuling, yaitu Bingo EV. Menariknya, kode mobil listrik ini didaftarkan dengan banyak tipe, berdasarkan jarak tempuhnya. Wuling Bingo sendiri punya dua pilihan jarak tempuh yang bisa dipilih, yakni 203 km dan 333 km yang terbaru 410 km. 

Di Tiongkok, SAIC-GM-Wuling (SGMW) mobil listrik mungil ini diluncurkan pada Maret 2023. Beberapa bulan sejak perilisannya, tepatnya pada September mobil ini sudah memiliki varian baru. Mengutip cleantechnica, Wuling Bingo telah terjual 150.293 unit sejak Maret hingga Oktober 2023 di Tiongkok. Apakah spesifikasi dan harganya mampu memikat masyarakat Indonesia?

Harga dan spesifikasi Wuling Bingo EV

Mengutip Car News China, Wuling Bingo merupakan mobil listrik mungil dengan daya tampung 4 orang dewasa. Kapasitasnya ruangan cukup terbatas tetapi dengan melipat kursi baris kedua, ruang bagasi bertambah menjadi 790 liter dari 310 liter.

Mobil ini mampu menempuh jarak lebih dari 400 kilometer, lebih jauh dibandingkan dengan Wuling Air ev yang mampu menempuh jarak 200-300 kilometer. Terdapat tiga pilihan warna untuk Wuling Bingo, yaitu Morning Glow Pink, Light Bay Green, dan Breeze Blue.

Harga jual mobil ini bervariasi, mulai dari dari 59.800 yuan hingga 84.800 yuan, atau sekitar Rp126 juta hingga Rp178 juta untuk tujuh varian mobil.

Pada versi sebelumnya, mobil ini dilengkapi dengan satu motor penggerak dengan dua pilihan output, yaitu 30 kW/110 Nm dan 50 kW/150 Nm. Tersedia juga dua pilihan baterai lithium iron phosphate 17,3 kWh dan 31,9 kWh. Pada versi anyar mobil ini akan digerakkan satu motor listrik berdaya maksimal 50 kW dan torsi puncak 150 Nm. 

Meskipun demikian, belum diungkap informasi detail soal baterainya. Informasi yang diberikan hanyalah jarak tempuhnya yang mencapai 410 km dan waktu pengisian baterai. Untuk mengisi penuh Wuling Bingo hanya perlu waktu 35 menit dari daya baterai 30 persen hingga 80 persen. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 130 km/jam.

Mobil listrik dengan desain retro modern ini memiliki dimensi panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, tinggi 1.580 mm, dan jarak sumbu roda sepanjang 2.560 mm.

Di dalam kabin, Wuling Bingo EV dilengkapi dengan sistem pengaturan layar ganda, termasuk panel instrumen berukuran 7 inci dan layar infotainment berukuran 10,25 inci. 

Pada Wuling Bingo  juga disematkan sejumlah fitur canggih, di antaranya rem parkir elektrik, sistem parkir otomatis, dan lain-lain. Namun, belum dilengkapi teknologi Sistem Bantuan Pengemudi Canggih (Advanced Driver Assistance Systems/ADAS).

Related Topics