NEWS

Serupa dengan Alibaba, LPEI Siapkan Marketplace Cross Border

Platform digital untuk permudah ekspor tengah disiapkan.

Serupa dengan Alibaba, LPEI Siapkan Marketplace Cross BorderAktivitas ekspor Indonesia (setkab.go.id)
02 May 2024

Fortune Recap

  • Indonesia Eximbank sedang menyiapkan platform digital untuk perdagangan lintas negara.
  • Platform ini diharapkan akan mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai eksportir.
  • Rencana peluncurannya adalah pada Agustus 2024.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

DI Yogyakarta, FORTUNE - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank sedang menyiapkan platform digital untuk kepentingan perdagangan lintas negara. Platform tersebut diharapkan dapat mendorong kegiatan Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai eksportir Indonesia. 

Nantinya, platform tersebut bakal berisi edukasi mengenai ekspor digital dan Lokapasar atau Marketplace dengan model Bussines to Bussines (B2B) lintas negara atau Cross Border.

"Pelaku UKM kita banyak yang belum siap [melakukan] ekspor. Kami bikin [program pembinaan untuk eksportir baru]. Setelah mereka bisa ekspor, masuk ke marketplace," kata Direktur Pelaksana Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U. Norhadi, dalam diskusi dengan wartawan di Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Rabu (1/5).

Dia mengatakan Indonesia belum mempunyai lokapasar yang melayani perdagangan antar-negara. Oleh karena itu, LPEI menargetkan platform dagang antar-negara ini akan diluncurkan pada Agustus 2024.

“Cina punya Alibaba, Amerika Serikat punya Amazon, yang mana sekarang teman-teman beli sesuatu dari Cina itu barang-barang dari luar negeri,” ujarnya.

Kendati demikian, Maqin belum bisa memerinci berapa target transaksi pada lokapasar tersebut. Yang terang, LPEI akan memfasilitasi setiap UKM yang ingin menggencarkan produknya ke pasar global.

Related Topics