NEWS

AP II Proyeksikan Penumpang Capai 3,6 Juta Saat Libur Iduladha

Jumlah penumpang tersebut terbagi beberapa periode.

AP II Proyeksikan Penumpang Capai 3,6 Juta Saat Libur IduladhaIlustrasi calon penumpang di bandara Soetta. Dok. Angkasa Pura II
23 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi total penumpang pesawat selama periode libur panjang Iduladha mendatang akan mencapai 3,62 juta. Jumlah penumpang itu terbagi menjadi periode H-7 hingga H-1 yang mencapai 1,70 juta orang, lalu pada hari H mencapai 248.909 orang, dan pada H+1 hingga H+7 mencapai 1,67 juta orang.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan 20 bandara AP II siap menyambut musim liburan anak sekolah dan libur Iduladha.

“AP II telah menetapkan rencana operasional dalam menyambut libur Idul Adha pada 28–30 Juni 2023, yang juga berbarengan dengan musim liburan anak sekolah,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (22/6).

Awaluddin memastikan mekanisme operasi yang diterapkan AP II akan tetap sama dengan periode libur panjang sebelumnya.

"Periode berbeda, mekanisme operasi sama. Maksimalisasi sumber daya, penerapan SOP yang memang betul-betul harus diterapkan karena faktor safety," ujarnya.

Periode libur panjang yang bertepatan dengan berakhirnya pandemi ini, kata Awaluddin, juga akan berpotensi mendorong traffic.

Penambahan rute baru di Bandara Soekarno-Hatta

Sementara itu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola AP II juga akan menambah rute baru. Hal ini untuk memenuhi banyaknya permintaan dari masyarakat menjelang cuti bersama libur Iduladha.

"Penambahan rute ini berdasarkan permintaan maskapai karena tren peningkatan penumpang," kata Executive General Manager Bandara Soetta, Dwi Ananda Wicaksana, Senin (19/6).

Penambahan rute baru dalam negeri itu nantinya akan dilayani oleh maskapai Air Asia, Pelita Air, Trans Nusa dan Tri-MG. Sementara, penambahan rute internasional dilayani Air Asia, KLM Royal Dutch, Qantas Airways, Trans Nusa, Uzbekistan Airways, dan Vietjet Aviation.

"Selama periode Januari–Mei 2023 terdapat penambahan 20 rute baru domestik dan 21 rute internasional," ungkap Dwi.

Ia mengungkapkan, penambahan rute terbaru oleh Air Asia adalah dengan rute Perth (Australia), Ho Chi Minh (Vietnam), dan Serawak (Malaysia) sejak Juni ini.

Sementara itu, untuk rute lima teratas penerbangan domestik dari Bandara Soetta ialah Denpasar, Kualanamu, Surabaya, Makassar, dan Pontianak.

"Sedangkan untuk rute Internasional dipegang oleh Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Doha, dan Madinah," kata Dwi.

Related Topics