NEWS

Berangsur Pulih, Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Rp2.000 Per Kg

Kenaikan terjadi sedikit demi sedikit.

Berangsur Pulih, Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Rp2.000 Per KgSejumlah pengunjukrasa yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) memperlihatkan buah sawit saat berunjuk rasa di depan Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/5). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
18 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Harga tandan buah segar (TBS) pada Rabu (17/8) di 22 provinsi sentra sawit rata-rata telah mencapai lebih dari Rp2.000 per kilogram.

Bahkan, level harga di beberapa provinsi telah berkisar Rp2.250–Rp.2.450 per kilogram, seperti tercatat di Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, dan Kalimantan Barat.

“Sampai dengan hari ini 17 Agustus, genap sudah 90 hari sejak larangan ekspor dicabut. Rerata secara nasional harga TBS petani sawit sudah di atas Rp1.800, yang sebelumnya antara Rp800–Rp1.200. Hari ini 85 persen dari 22 Provinsi sawit sudah di atas Rp2.000 per kg,” ujar Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, Gulat Manurung, Rabu (17/8).

Menurut Gulat, anjloknya harga TBS hingga 84 persen harus membuat petani bersiasat. Masa-masa itu jelas memunculkan tantangan yang tidak mudah.

Namun, dia yakin "strategi dan otoritas regulasi pemerintah pasti bisa mengatasi permasalahan.".

Anjloknya harga TBS sawit disebabkan meroketnya harga minyak goreng di pasaran. Karena itu, pada 23 Mei 2022 Presiden Joko Widodo melarang ekspor minyak sawit ke luar negeri.

Langkah tersebut diambil agar pengusaha sawit tidak jor-joran mengekspor CPO yang disinyalir mengurangi bahan baku minyak goreng di dalam negeri dan berdampak pada mahalnya minyak goreng.

Namun, larangan ekspor tersebut menyebabkan harga TBS anjlok karena tangki-tangki CPO pabrik kelapa sawit penuh, dan pengusaha membeli murah TBS sawit petani. Saat ini harga minyak goreng telah menyentuh Rp14.000 per liter sesuai harga eceran tertinggi pemerintah.

Janji Mendag terhadap petani

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan keterangan saat Sosialisasi Indonesia Retail Summit 2022 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjanjikan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit petani akan naik di atas Rp2.000 per kilogram pada akhir Agustus 2022.

Zulkifli mengatakan pemerintah telah mengambil beberapa kebijakan untuk urusan TBS, di antaranya dengan menunda pungutan ekspor sebesar US$200. “Diharapkan akhir Agustus harga TBS sudah di atas Rp 2.000 per kg. Dengan demikian, ketika panen raya petani sawit mendapat keuntungan,” ujar Zulkifli dalam siaran pers, Selasa (9/8).

Dia menyatakan harga sawit di Riau dan Jambi saat ini telah mencapai di atas Rp. 2.000 per kg: di Riau harga TBS mencapai Rp2.134 per kg, sementara di Jambi Rp2.046 per kg.

Di sisi lain, Zulkifli juga ingin pengusaha tetap mendapat keuntungan. Namun, pelaku usaha harus tetap menjalankan kewajiban dengan memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri sesuai Domestic Market Obligation (DMO) yang ditetapkan.

Untuk menjaga ekspor, pemerintah juga meningkatkan angka pengali ekspor menjadi sembilan kali dan insentif kemasan 1,3 –1,5 dari besaran DMO.

“Saya harap akhir Agustus stok pada tangki CPO sudah terdistribusi dan segera berganti sehingga dapat membeli sawit dari petani untuk diolah lagi,” ujar Zulkifli.

Related Topics