NEWS

Ramai Harta Jumbo Rafael Pejabat DJP, Ini Daftar 6 Napi Pajak di RI

Eks pegawai DJP jadi sorotan karena harta kekayaannya.

Ramai Harta Jumbo Rafael Pejabat DJP, Ini Daftar 6 Napi Pajak di RIShutterstock/Haryanta.p
01 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menjadi sorotan masyarakat luas menyusul penganiayaan yang melibatkan anak salah satu pejabatnya, Rafael Alun Trisambodo. Publik kian tajam melayangkan kecaman setelah mengetahui  bahwa Rafael yang menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II memiliki harta senilai lebih dari Rp56 miliar. 

LKHPN Rafael pada akhir 2021 mencantumkan aset tanah, bangunan, kas dan lainnya, tanpa utang. Laporan tersebut tidak mencantumkan mobil dan motor mahal, Rubicon dan Harley Davidson, yang acap kali dipamerkan anaknya—sang pelaku penganiayaan—di akun pribadi media sosial. 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengomentari kasus yang melibatkan anak buahnya itu. Dia menilai harta Rafael tidak masuk di akal. Dia pun menginstruksikan Inspektorat Jenderal Kemenkeu untuk melakukan kontrol, investigasi, dan eksaminasi, kemudian menyampaikan hasilnya secara terbuka.

"Kita bekerja bukan berdasarkan emosi, tapi berdasarkan data atau evidence, tapi pemihakan terhadap perasaan masyarakat itu harus kita lakukan. Karena itu, penting yang namanya kredibilitas persepsi. Itu sesuatu yang ada objektifnya, tapi juga ada subjektifnya," kata Sri Mulyani, Selasa (28/2).

Berbagai tudingan kotor diarahkan khalayak luas kepada Rafael. Itu bukan tidak berdasar. Sebab, sepanjang sejarahnya, tidak sedikit pegawai pajak tertentu dalam lingkungan DJP terlibat dalam praktik busuk. Kerugian negara yang timbul atasnya tidak bisa dikatakan kecil. Ada saja pejabat DJP di masa lalu yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) lantaran dicurigai terlibat kasus suap dan korupsi.

Berikut daftar pegawai sampai pejabat pajak yang sempat ramai karena merugikan negara:

1. Denok Taviperiana

Nama Denok bikin heboh publik pada 2013 menyusul kabar mengenai dugaan kepemilikan rekening gendut. Dia dicokok Bareskrim Polri di rumah mewahnya Ramawangun, Jakarta Timur. 

Penangkapan terjadi karena dia diduga terlibat kasus korupsi yang merugikan keuangan negara puluhan miliar rupiah. Kasus tersebut bermula suap untuk memuluskan restitusi pajak Rp21 miliar. Karena terlibat pula dalam kasus pencucian uang, rumah dan mobilnya akhirnya disita. 

2. Gayus Tambunan

Ketika kasus yang melibatkan Gayus terungkap, reaksi masyarakat luas begitu hebat. Sampai-sampai para penumpang bus meneriakkan nama itu ketika ada pegawai-pegawai pajak yang turun di kantor pusat DJP di Jakarta. Gayus dihukum atas kasus berlapis: mulai manipulasi pajak, menyuap hakim, menyuap petugas lapas, hingga membuat paspor palsu. 

Saat mendekam di bui, ia ketahuan sempat berjalan-jalan ke Makau dan Singapura. Dia juga kepergok menonton pertandingan tenis di Bali. Gayus dipenjara 7 tahun karena menyuap penyidik dan hakim serta merekayasa pajak. Putusan penjara ini lalu diperberat menjadi 12 tahun oleh Mahkamah Agung.

Related Topics