NEWS

Promosi Ramadan, Begini Cara Dapat Diskon Tambah Daya dari PLN

Berlaku hingga 30 April 2023.

Promosi Ramadan, Begini Cara Dapat Diskon Tambah Daya dari PLNPetugas PLN mengecek kondisi meteran listrik pelanggan. (Doc: PLN)

by Eko Wahyudi

24 March 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT PLN (Persero) memberikan diskon kenaikan daya ke pelanggan yang ingin meningkatkan daya hingga 5.500 VA.

Dengan promosi Ramadan, PLN memberikan harga spesial untuk menambah daya dengan biaya Rp202.300. Jika mengacu harga normal, biaya penambahan daya dari 450 VA ke 1.300 VA yang harus dikeluarkan pelanggan mencapai Rp796.450, sedangkan tambah daya dari 450 VA ke 5.500 VA biaya normalnya Rp4.893.450. Promosi ini berlaku hingga 30 April 2023.

"Ini merupakan kabar gembira untuk seluruh masyarakat Indonesia, karena di bulan yang berkah ini PLN turut memberikan harga spesial hanya Rp200.000 untuk biaya penyambungan tambah daya hingga ke daya 5.500 VA," kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dalam keterangannya, Kamis (23/3).

Lebih lanjut, Darmawan berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini sebaik mungkin dengan mengajukannya melalui aplikasi PLN Mobile. Jadi, pelanggan PLN tidak perlu lagi pergi mengurusnya ke kantor PLN, tapi cukup dari rumah.

“Nanti petugas kami yang datang. Program ini berlaku hingga 30 April 2023, jadi saya harap ini bisa digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat,” ujar Darmawan.

Cara tambah daya lewat PLN Mobile

Keberadaan PLN Mobile saat ini, kata Darmawan, untuk mendukung electrifying lifestyle dengan memudahkan pelanggan melakukan segala aktivitas dengan menggunakan listrik. Masyarakat yang ingin melakukan penambahan daya dan mengajukan pemasangan listrik bisa langsung mengajukannya lewat aplikasi PLN Mobile.

Berikut cara untuk tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile dan lakukan pendaftaran akun
  2. Setelahnya, pada halaman utama pilih menu 'Ubah Daya dan Migrasi'
  3. Lalu akan muncul tampilan tahapan proses perubahan daya, tekan 'Mulai'
  4. Masukkan ID Pelanggan kemudian tekan 'Cari', lalu akan muncul ID Pelanggan di bagian bawah, kemudian tekan 'Lanjutkan'
  5. Selanjutnya muncul menu Pilih Titik Lokasi, maka tentukan koordinat lokasi yang akan tambah daya, dan tekan 'Lanjutkan'
  6. Kemudian muncul menu Pilih Layanan, maka pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (pra/pasca bayar), peruntukan listriknya, kemudian tekan 'Lanjutkan'
  7. Jika sudah, bagi yang memilih prabayar, maka pilih token yang dibutuhkan, misal Rp100.000, lalu tekan 'Lanjutkan'
  8. Selanjutnya masuk ke bagian menu Isi Data Pelanggan, silakan isi seluruh data yang diminta secara lengkap, dan tekan 'Lanjutkan'
  9. Lalu akan muncul ringkasan data permohonan, setelah itu tekan 'Kirim Permohonan'
  10. Kemudian akan muncul tampilan 'Syarat & Ketentuan', pelanggan diharapkan untuk membaca dan memahami dengan cermat, setelahnya tekan 'Setuju'
  11. Pelanggan pun akan diarahkan ke halaman pemberitahuan 'Permohonan Berhasil', lalu tekan 'OK'
  12. Setelahnya akan muncul menu Verifikasi, masukkan kode verifikasi yang telah dikirim oleh PLN ke alamat email atau nomor ponsel, kemudian tekan 'Kirim' Lalu akan muncul tampilan 'Detail Permohonan'.
  13. Proses pun berlanjut setelah pelanggan memilih 'Lanjutkan Pembayaran'
  14. Setelah itu, akan muncul tampilan Metode Pembayaran, ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih, seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account
  15. Usai melakukan pembayaran, maka proses pengajuan pun selesai.

Jika permohonan berjalan lancar, akan muncul pemberitahuan dari aplikasi PLN Mobile bahwa pembayaran telah berhasil. Kemudian setelah dua hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.

Petugas akan membuka meteran listrik, mengganti MCB, serta menyegel MCB yang baru. Proses aktivasinya pun cukup mudah, hanya dengan memasukkan token yang terdiri dari 16 digit sebanyak 2 kali.
 

Related Topics