NEWS

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka 23 Maret, Ada 1.830 Posisi

Lebih dari 100 BUMN terlibat.

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka 23 Maret, Ada 1.830 PosisiKementerian BUMN. (Shutterstock/Wulandari)
22 March 2024

Fortune Recap

  • Rekrutmen Bersama Kementerian BUMN (RBB) 2024 diumumkan dengan 688 lowongan dan 1.830 posisi dari lebih dari 100 BUMN.
  • Pendaftaran dibuka pada 23 Maret, dengan tahapan seleksi termasuk tes kemampuan dasar, akhlak, bahasa Inggris, wawasan kebangsaan, learning ability, dan tes kemampuan bidang.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Rekrutmen bersama yang digelar oleh Kementerian BUMN (RBB) 2024 resmi diumumkan.

Wakil Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sekaligus ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Alexandra Askandar, mengatakan terdapat 688 lowongan dan 1.830 posisi yang disediakan oleh lebih dari 100 BUMN yang berpartisipasi.

"Dalam pelaksanaan RBB (Rekrutmen Bersama BUMN) 2024 Ini kami akan mulai membuka pendaftaran di tanggal 23 Maret 2024, di mana tahapan seleksi,akan ada beberapa tes seperti RBB tahun sebelumnya, yaitu tes kemampuan dasar, tes akhlak dan tes bahasa Inggris," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (22/3).

Alexandra menjelaskan tahun ini FHCI memperbarui proses seleksi yang wajib diikuti para pelamar, dengan menambahkan tes wawasan kebangsaan dan learning ability.

"Kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi terakhir di masing-masing BUMN, yaitu tes kemampuan bidang. Insyaallah, pengumuman akhir nanti dilakukan di bulan Juli 2024," katanya.

FHCI terus menyempurnakan proses rekrutmen bersama, mulai dari tahap pendaftaran, seleksi hingga akhir pengumuman, dengan tetap mengedepankan akuntabilitas transparansi profesionalisme serta menjunjung core value AKHLAK.

Itu merupakan wujud tanggung jawab FHCI dalam memberikan dukungan kepada BUMN group dalam mendapatkan talenta terbaik untuk memenuhi kebutuhan masing-masing BUMN.

Saat ini program rekrutmen bersama BUMN telah menjadi salah satu sarana yang diminati para pencari kerja. Hal ini tecermin pada jumlah pendaftar 2022-2023 yang mencapai lebih dari 2 juta pelamar. 

"Antusiasme ini bukan hanya menunjukkan para pencari kerja dalam memenuhi aspirasi dan minat, tetapi juga merupakan bukti bahwa teman-teman pencari kerja ingin belajar bertumbuh dan berkontribusi bersama grup BUMN," ujarnya.

Dalam mendorong inklusivitas dan kesetaraan, FHCI juga menjaga konsistensi untuk terus membuka peluang yang sama bagi seluruh individu dengan berbagai latar belakang.

RBB membuka peluang bagi pelamar dengan beragam latar belakang pendidikan mulai dari SMA sederajat hingga S2.

"Kemudian untuk fresh graduate maupun juga yang experience hire, dan Alhamdulillah kembali kita memberikan kesempatan untuk teman-teman disabilitas untuk ikut dalam program rekrutmen bersama BUMN 2024 ini meskipun untuk teman-teman disabilitas rekrutmennya terpisah dari reguler di mana kami akan menyediakan environment yang nyaman untuk teman-teman penyandang disabilitas," katanya.

Related Topics