Comscore Tracker
NEWS

East Ventures Jadi Sponsor Utama Badminton Indonesia Open 2022

Sejarah baru bagi dunia bulu tangkis nasional.

East Ventures Jadi Sponsor Utama Badminton Indonesia Open 2022Konferensi Pers East Ventures Indonesia Open 2022, Jakarta Pusat, Rabu (25/5). Dok/East Ventures.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan modal ventura East Ventures untuk kali pertama tampil sebagai sponsor utama turnamen badminton paling prestisius di Tanah Air.

Kompetisi dengan tajuk East Ventures Indonesia Open 2022 ini masuk dalam level tertinggi BWF World Tour Super 1000. Kejuaran paling akbar dan bergengsi tersebut akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta, 14-19 Juni 2022.

“Kami bangga dapat mendukung turnamen yang diselenggarakan secara tahunan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Lewat East Ventures Indonesia Open 2022, kami berharap dapat mendukung antusiasme dan perkembangan prestasi olahraga bulu tangkis di Indonesia, dan semoga kegiatan internasional ini berjalan lancar,” kata Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures, dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (27/5).

Menurutnya, East Ventures terus mendukung pertumbuhan Indonesia secara keseluruhan dari berbagai aspek atau industri, termasuk di bidang olahraga. 

Filosofi investasi dan bulu tangkis

Bagi Roderick, perusahaan percaya investasi dan permainan bulu tangkis memiliki nilai serta filosofi sama. Sebagai misal, para pemain bulu tangkis maupun investor sama-sama membutuhkan intuisi dalam bertindak.

Itu lantas dikombinasikan dengan kekuatan, ketahanan, kelincahan, kecepatan, serta ketelitian dalam bertindak demi mencapai hasil yang terbaik.

“Jadi filosofi yang terkandung antara pertandingan bulutangkis dan East Ventures itu sejalan dan selaras,” ujarnya.

East Ventures merupakan perusahaan venture capital dengan lebih dari 200 portofolio dari tahap awal hingga lanjutan seperti IDN Media, Tokopedia, Traveloka, Ruangguru, Indodax, Aruna, dan Yummy Corp.

Bulu tangkis daya tarik bagi dunia usaha

Tim pebulu tangkis putri Indonesia berswafoto di podium saat upacara penghargaan pemenang usai final bulu tangkis beregu putri SEA Games 2021 Vietnam di Bac Giang Gymnasium, Vietnam, Rabu (18/5/2022). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.

Sekretaris Jenderal PP PBSI, Muhammad Fadil Imran, menyambut positif partisipasi East Ventures dalam gelaran itu. Menurutnya, hal ini bisa memberi warna dan semangat baru bagi perbulutangkisan di Tanah Air.

Kata Imran, sejak Indonesia Open pertama kali digelar pada 1982, ini kali pertama East Ventures terlibat. “Hal ini layak diapresiasi karena perusahaan ini secara langsung telah ikut menjaga marwah dan supremasi bulu tangkis Indonesia di pentas dunia,” katanya.

Imran menyatakan dukungan East Ventures menunjukkan bulu tangkis Indonesia dengan torehan prestasi level dunia senantias menjadi daya tarik bagi dunia usaha. 

Dihadiri pemain top dunia

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis India Lakshya Sen dalam pertandingan babak final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

East Ventures Indonesia Open 2022 menyediakan hadiah total US$1,2 juta atau sekitar Rp17,6 miliar. Ajang kompetisi ini bakal dihadiri para jawara badminton karena hanya yang berada dalam 32 besar dunia yang boleh tampil dan bersaing untuk mengangkat trofinya.

“Melihat nama-nama pemain yang hadir, turnamen ini akan berlangsung menarik. Sejak babak awal akan tersaji laga-laga yang menarik dan seru dari para pemain kelas dunia,” kata Imran.

Di grup putra akan ada sejumlah nama seperti Viktor Axelsen, Anders Antonsen (Denmark), Kento Momota (Jepang), Chou Tien Chen, Lee Yang, Wang Chi Lin (Chinese Taipei), Lakshya Sen (India).

Lalu, di kelompok putri akan bertanding pula, di antaranya, Carolina Marin (Spanyol), Akane Yamaguchi, Nozomi Okuhara (Jepang), Chen Yu Fei, He Bing Jiao (China), An Se Young, (Korea Selatan), Pusarla V. Sindhu, Saina Nehwal (India).

Para pemain tamu ini tentunya akan bertanding sengit dengan pemain andalan Indonesia seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Related Articles