NEWS

Setelah Dipecat OpenAI, Microsoft Langsung Rekrut Sam Altman

Sam Altman akan pimpin divisi pengembangan AI di Microsoft.

Setelah Dipecat OpenAI, Microsoft Langsung Rekrut Sam AltmanSam Altman (dok.businessinsider.com)
20 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Satya Nadella tak mau buang waktu. Hanya berselang dua hari sejak OpenAI memecat Sam Altman, CEO Microsoft itu langsung merangkulnya.

Tak sendiri, Altman juga akan membawa ‘gerbong’ pengembang Chat GPT pindah bersamanya ke Microsoft. “Kami sangat bersemangat mengumumkan bahwa Sam Altman, Greg Brockman, Bersama para kolega mereka akan bergabung dengan Microsoft dan memimpin tim baru dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan,” kata Nadella melalui akun X (Twitter), Senin (20/11).

Nadella juga menyatakan bahwa Perusahaan akan mendukung mereka dengan sumber daya yang dibutuhkan. Pada platform yang sama, Altman menyahut singkat, “Misi berlanjut.”

Pemecatan mendadak

CEO OpenAI, Sam Altman.
CEO OpenAI, Sam Altman. (Fortuneidn/Bayu)

Sebelumnya, Sam Altman dipecat secara mendadak dari jabatan Chief Exective Officer (CEO) OpenAI pada Jumat (17/11).

Perusahaan pengembang chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ChatGPT ini pun mengungkap alasan memecat Sam Altman dan sejumlah anggota timnya.

Dalam pengumuman bertajuk "OpenAI announces leadership transition" di situs resmi openai.com, dewan direksi menyatakan peninjauan terhadap kinerja Sam Altman selama memimpin OpenAI telah dilakukan empat tahun terakhir. Hasilnya, dewan direksi OpenAI menilai bahwa Sam Altman "tidak selalu terbuka dalam berkomunikasi dengan dewan direksi OpenAI".

Tanpa penjelasan rinci, dewan direksi menganggap sikap Altman ini menghambat upaya mereka untuk menilai kinerja dan pertanggungjawabannya secara keseluruhan. "Dewan tidak lagi percaya pada kemampuannya (Sam) untuk terus memimpin OpenAI," tulis dewan direksi OpenAI.

Related Topics