NEWS

Waspadai Modus Penipuan Kepesertaan BPJS Kesehatan Non-aktif

Ini antisipasi untuk menghindari modus penipuan.

Waspadai Modus Penipuan Kepesertaan BPJS Kesehatan Non-aktifShutterstock/Sukarman S.T
28 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - BPJS Kesehatan mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dan tetap berhati-hati terhadap modus penipuan yang sedang marak terjadi. Belakangan, banyak kasus penipuan mengatasnamakan Care Center BPJS Kesehatan dengan menginformasikan bahwa kartu kepesertaan JKN akan diberhentikan atau non-aktif. 

“Kami menegaskan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah menonaktifkan kartu kepesertaan JKN secara sepihak tanpa ada alasan yang jelas,” kata Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan, Agustian Fardianto, melalui keterangan pers yang dikutip pada Jumat (28/7).

Hindari modus penipuan meminta NIK

perbedaan KIS dan BPJS
logo BPJS Kesehatan (dok. bpjs-kesehatan.go.id)

Agustian, yang biasa dipanggil Ardi, menyatakan sebelumnya sempat muncul berbagai modus penipuan lainnya yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan. Para penipu biasanya mengarahkan peserta untuk menyebutkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).  Mereka mengatasnamakan badan usaha dan menyampaikan informasi palsu bahwa kartu kepesertaan peserta telah melebihi batas pemakaian terhadap obat-obatan. 

Selain itu, terdapat juga modus penipuan lainnya yang pernah terjadi di masyarakat seperti modus penipuan yang menyebutkan BPJS Kesehatan memberikan bantuan sosial kepada peserta. Serta, ada juga modus rekrutmen kepegawaian hingga ancaman yang menyatakan bahwa kepesertaan JKN akan segera diblokir. 

“Sekali lagi kami sampaikan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah menghubungi peserta dengan memberikan informasi palsu, dimulai meminta NIK, pemberian hadiah atau bantuan sosial hingga meminta peserta untuk mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening yang mengatasnamakan perorangan,” kata Ardi. 

Ini antisipasi untuk menghindari modus penipuan

ilustrasu mendaftar bpjs online
ilustrasi mendaftar BPJS online (unsplash.com/Pradamas Gifarry)

Related Topics