NEWS

Jenis Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan, Dibutuhkan Manusia!

Berikut sumber jenis energi yang ada di sekeliling Anda!

Jenis Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan, Dibutuhkan Manusia!ilustrasi jenis energi terbarukan (unsplash.com/Hendrik Kuterman)
20 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat jenis energi terbarukan dan tak terbarukan yang perlu Anda ketahui. Apa perbedaan dari keduanya? 

Energi menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam kehidupan. Ada berbagai macam sumber energi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Ada berbagai bentuk energi yang ada di dunia ini. Setiap energi memiliki macam bentuk dan manfaat sesuai dengan kegunaannya. 

Secara umum, energi terbagi dalam dua jenis, yakni energi terbarukan dan dan tak terbarukan. Lantas, apa saja bentuk energi terbarukan? Apa saja bentuk energi tidak terbarukan? Simak penjelasan berikut ini.

Jenis energi terbarukan

energi sinar matahari
ilustrasi energi sinar matahari (unsplash.com/Nuno Marques)

Energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari sumber daya alam yang melimpah dan berkelanjutan. Berikut jenis-jenis sumber energi terbarukan, antara lain:

1. Angin

Angin merupakan jenis energi terbarukan. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan energi yang ini, salah satunya sistem pembangkit listrik tenaga angin. Energi ini bisa digunakan untuk menggerakan turbin dan mengubahnya menjadi listrik.

2. Matahari

Sinar matahari dapat diubah menjadi listrik dengan bantuan panel surya. Selain itu, energi panas pada matahari dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, seperti menjemur pakaian, pencahayaan di dalam rumah, dan lainnya.

3. Energi air

Jenis energi terbarukan selanjutnya adalah energi air. Jenis energi ini bisa dimanfaatkan untuk sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Biasanya, pembangkit listrik tenaga air digunakan dengan cara membuat bendungan di sungai guna menyimpan air di reservoir. Setelahnya, air dilepaskan dan mengalir memutar turbin yang mengaktifkan generator untuk menghasilkan listrik.

Selain itu, air juga bermanfaat untuk energi makhluk hidup di bumi, baik tumbuhan, manusia, maupun hewan. 

4. Energi pasang surut

Energi pasang surut merupakan energi turunnya pasang air laut. Jenis energi yang satu ini bisa diubah menjadi listrik. Energi ini bisa Anda temukan di daerah pesisir.

5. Energi biomassa

Energi biomassa merupakan energi yang berasal dari bahan organik. Jenis energi ini terbuat dari organisme hidup, seperti tanaman, kayu, maupun limbah.

Energi tidak terbarukan

ilustrasi batu bara
ilustrasi batu bara (Unsplash.com/Nikolay Kovalenko)

Related Topics