NEWS

12 Kota Terpadat di Dunia 2023, Apakah Jakarta Termasuk?

Mencapai 37,194 juta jiwa!

12 Kota Terpadat di Dunia 2023, Apakah Jakarta Termasuk?Ilustrasi Kota Terpadat di Dunia (unsplash.com/ Martijn Baudoin)
07 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sederet kota terpadat di dunia 2023 yang memiliki jumlah penduduk mencapai puluhan juta jiwa. Beberapa kota tersebut memang menjadi pusat atau ibu kota negara tersebut.

Hal ini dikarenakan penyebaran penduduk yang tidak merata antara satu daerah dengan yang lainnya. Kota memiliki daya tarik tersendiri bagi orang untuk mendatanginya.

Kemudahan akses dan informasi membuat sebagian orang mencoba peruntungan di kota. Sayangnya, hal ini malah menciptakan kepadatan penduduk di daerah tertentu.

Mungkin Anda berpikir Jakarta termasuk dalam kota yang populasinya terbanyak. Akan tetapi, jika diakumulasikan, masih terdapat sejumlah kota yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak.

Lantas, apa saja kota terpadat di dunia? Dikutip worldpopulationreview.com dan macrotrends.net, simak selengkapnya di bawah ini!

6 besar kota terpadat di dunia 2023

kota terpadat di dunia
ilustrasi kota terpadat di dunia (unsplash.com/Joseph Chan)

Berikut ini 6 besar kota yang memiliki tingkat populasi tertinggi, antara lain:

1. Tokyo (37,194 juta jiwa)

Kota terpadat di dunia pertama adalah Tokyo, Jepang dengan jumlah populasi sebanyak 37,194 juta jiwa. Akan tetapi, terjadi penurunan penduduk dibanding tahun lalu sebesar 0,2 persen atau 79.896 orang.

Meski begitu, Jepang termasuk dalam salah satu negara yang mengalami krisis populasi diakibatkan sedikitnya imigrasi, tingginya penduduk yang telah menua, serta penurunan perempuan muda yang ingin menikah.

2. New Delhi (32,941 juta jiwa)

Menurut data terakhir, New Delhi memiliki jumlah penduduk sebanyak 32,941 juta jiwa. Kota ini termasuk kota dengan pertumbuhan penduduk tercepat di dunia. 

Padahal, di tahun yang sama, populasi di ibu kota India ini sebesar 29,399 juta penduduk. Dengan kata lain, terjadi penambahan dalam sekejap dalam kurun waktu tidak sampai setahun.

Di tahun 2016, New Delhi menduduki peringkat kelima sebagai kota dengan jumlah penduduk terbanyak yang hanya mencapai 18,6 juta orang.

3. Shanghai (29,211 juta jiwa)

Shanghai termasuk deretan kota terpadat di dunia dengan jumlah populasi sebanyak 29,211 juta jiwa. Padahal, belum lama ini ibu kota China ini memiliki total penduduk sebanyak 26,317 juta jiwa.

Diketahui Shanghai termasuk kota terbesar dan terpadat di China. Hal ini karena wilayah ini sebagai pusat perekonomian utama China dan skala global.

4. Dhaka (23,210 juta jiwa)

Dhaka merupakan ibu kota Bangladesh. Tercatat jumlah penduduk di wilayah ini mencapai 23,210 juta jiwa.

Populasi yang besar memberikan sejumlah tekanan yang luar biasa di kota ini, mulai dari tingkat kemiskinan yang semakin tinggi, kemacetan, serta meningkatnya angka pengangguran.

5. Sao Paulo (22,620 juta jiwa)

Sao Paulo masuk dalam kota terpadat di dunia 2023 dengan jumlah populasi sebanyak 22,620 juta jiwa. 

Sao Paulo menjadi kota global dengan daya tarik yang kuat, mulai dari dunia hiburan, seni, perdagangan, hingga perekonomian. Selain itu, kota ini kerap mengadakan event-event menarik seperti parade.

6. Meksiko (22,281 juta jiwa)

Kota Meksiko memiliki jumlah penduduk sebesar 22,281 juta orang. Wilayah ini merupakan ibu kota negara Meksiko dan pusat kekuasaan federal Uni Meksiko. Di tahun 2016, Kota Meksiko memiliki jumlah penduduk mencapai 8,918 juta orang.

Daftar kota terpadat di dunia lainnya

kota terpadat di dunia
ilustrasi kota terpadat di dunia (unsplash.com/arihant daga)

Related Topics