NEWS

7 Makanan Khas Saat Ramadan di Indonesia, Wajib Dicoba!

Hanya ada di bulan Ramadan!

7 Makanan Khas Saat Ramadan di Indonesia, Wajib Dicoba!ilustrasi kolak makanan khas saat Ramadan (dok.indoindians.com)
28 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia, termasuk Indonesia. Setiap daerah memiliki caranya tersendiri untuk memeriahkan Ramadan.

Salah satunya melalui makanan khas saat Ramadan yang bisa Anda jumpai pada daerah tertentu. Beberapa kuliner di bawah ini hanya muncul saat bulan Ramadan saja dan menjadi incaran untuk menu buka puasa.

Ada berbagai kuliner di Indonesia yang tidak dapat Anda jumpai selain bulan Ramadan. Apa saja itu? Berikut ini terdapat tujuh makanan khas saat Ramadan yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya!

1. Bubur pacar cina

bubur pacar cina
ilustrasi bubur pacar cina (yummy.co.id/Diana Nurjanah)

Makanan khas saat Ramadan pertama adalah bubur pacar cina. Kuliner asal Betawi ini merupakan bubur yang terbuat dari tepung sagu.

Adapun pencegahannya cukup sangat sederhana, yakni dengan merebus biji pacar cina sampai matang. Setelahnya, pacar cina dicampurkan dengan kuah santan, gulas pasir, garam, serta daun pandan.

Agar sajian lebih segar, Anda bisa menambahkan es batu ke dalamnya. Bubur pacar cina siap menemani Anda saat berbuka puasa.

2. Kolak

Kolak makanan khas saat Ramadan
ilustrasi kolak makanan khas saat Ramadan (dok.indoindians.com)

Related Topics