NEWS

Daftar Transportasi Umum ke Bandara Kertajati

Bandara Kertajati mulai beroperasi penuh 29 Oktober 2023.

Daftar Transportasi Umum ke Bandara KertajatiBandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, siap layani penerbangan haji. (Doc: Kemenhub)
12 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, mulai beroperasi sepenuhnya pada 29 Oktober 2023. Ada sebagian rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung yang beralih ke sana.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyatakan persiapan peralihan rute ke Bandara Kertajati sudah selesai. "Penerbangan pesawat jet berjadwal di rute domestik dan internasional siap dilayani dari dan ke Bandara Kertajati mulai 29 Oktober," kata Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan pers, dikutip Kamis (12/10).

Adapun, maskapai penerbangan yang bakal beroperasi di Bandara Kertajati, yakni: Super Air Jet, Indonesia AirAsia, Malaysia Airlines, dan Citilink. Rutenya berlaku untuk penerbangan dari dan ke Denpasar, Kualanamu, Batam, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Director of Operation AP II, Wendo Asrul Rose menambahkan, Bandara Kertajati kini berkapasitas 20 penerbangan tiap jam. Operasionalnya didukung runway berukuran 3.000 x 60 meter, lalu 22 parking stand pesawat, 36 check in counter. 

Lantas, bagaimana cara untuk menuju Bandara Kertajati? Apa saja daftar transportasi umum ke Bandara Kertajati?

Daftar transportasi umum ke Bandara Kertajati

Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.
Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Dok. Kemenhub)

Ada sejumlah transportasi umum yang sudah disiapkan untuk mendukung mobilisasi dari dan menuju Bandara Kertajati. Rutenya mencakup dari dan ke Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Kuningan, Karawang, Ciamis, Cimahi, Majalengka, Purwakarta, Indramayu, Subang, Pangandaran, Banjar, Sumedang, dan Jatinangor.

Secara detail, berikut ini daftar transportasi umum ke Bandara Kertajati:

  • Operator bus

Berbagai operator bus menyediakan perjalanan dari dan ke Bandara Kertajati. Sebut saja bus Damri. Corporate Communication Damri, Lishna Nurul Hikmah mengatakan, di tahap awal Damri bakal menyiapkan empat unit armada. Berikut ini rutenya:

1. Bandung - Bandara Kertajati (Rp150.000).

2. Cirebon - Bandara Kertajati (Rp80.000).

3. Kuningan - Bandara Kertajati (Rp100.000).

Dikutip dari IDN Times, Lishna berujar, tiket Damri dari Bandung bisa dipesan di loket Damri di Terminal Cicaheum; keberangkatan Cirebon dapat memesan tiket di loket Damri di Pos Petugas Pengawas Angkutan RM Brawijaya; dan Kuningan di loket Terminal Kuningan. Nomor telepon Damri adalah 1500-825.

  • Shuttle bus

Berbagai operator shuttle bus di bandara pun menawarkan rute perjalanan menuju Bandara Kertajati. Sebut saja Arnes Shuttle, MS Trans Shuttle, City Trans Utama Shuttle, Budiman Shuttle, dan Sobat Trans Airport Shuttle.

  • Taksi

Selain bus dan shuttle, Anda juga bisa menggunakan armada taksi resmi bandara.

Demikian daftar transportasi umum ke Bandara Kertajati yang bisa Anda gunakan.

Related Topics