Perkuat Keuangan Syariah, BI Tingkatkan Standardisasi Pasar

BI kembangkan suku bunga acuan berdasar prinsip syariat.

Perkuat Keuangan Syariah, BI Tingkatkan Standardisasi Pasar
Ilustrasi keuangan rumah tangga (Shutterstock/Chotthanin Thitiakarakiat)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Demi ‘menajamkan gigi’ industri keuangan syariah, Bank Indonesia mantap melanjutkan pengembangan suku bunga acuan bebas risiko berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Mengapa langkah itu dibutuhkan?

Menurut Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, penguatan sektor keuangan syariat merupakan bentuk antisipasi terhadap dampak penyetopan London Interbank Offered Rate (LIBOR) mulai penghujung 2021.

Dampak Penguatan Standardisasi Keuangan Syariah

Dewi berpendapat, jika standardisasi pasar keuangan syariah ditingkatkan, maka lahirlah dampak berganda (multiplier effect) yang berujung pada tumbuhnya ekonomi riil.

“Peningkatan standardisasi bakal menguatkan manajemen likuiditas sehingga mampu menambah arus investasi, yang akhirnya akan menyokong pertumbuhan ekonomi riil,” jelas Destry melalui keterangan resmi, dikutip Kamis (28/10) dari Antara.

Ketahanan Pasar Keuangan Syariat

Terlebih, lanjut Dewi, sektor keuangan syariah sudah mengindikasikan ketahanan yang lebih tinggi berdasar krisis-krisis keuangan global yang pernah dilewati. Sebab, aktivitas pasar keuangan syariah didasari oleh sektor riil, serta tak melayani transaksi berbasis bunga dan spekulasi.

Untuk itu, pasar keuangan syariah pantas menjadi opsi baru bagi perekonomian dan calon nasabah. “Menawarkan model keuangan yang lebih prospektif dalam lanskap ekonomi global,” ujarnya.

Upaya Mengembangkan Pasar Keuangan Syariah

Sejumlah taktik juga telah dijalankan BI guna mengembangkan pasar keuangan dan ekonomi syariah Tanah Air. Termasuk dengan memperkuat sejumlah instrumen moneter pasar uang syariah, seperti sukuk BI, FX term deposit, fasilitas wakalah dan fasilitas repo untuk mengelola likuiditas. Bukan semata-mata untuk keuntungan, melainkan juga dampak sosial.

Mengenai peluang berkembangnya sektor wisata halal Tanah Air, Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengaku optimistis—walau COVID-19 masih menghantui. Karena menurutnya, sektor tersebut memiliki tiga strategi untuk menyiasati adaptasi kebiasaan baru di tengah pagebluk.

Pertama, pembangunan infrastruktur penyokong, khususnya yang berhubungan dengan teknologi digital. Kedua, peralihan ke model pariwisata berkelanjutan serta mengimbangi pembangunan dengan pemeliharaan lingkungan.

“Ketiga, menguatkan ekosistem wisata ramah muslim, mencakup akomodasi, transportasi, makanan, paket turisme dan keuangan,” ujar Rosmaya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Memasuki 39 Tahun, MSIG Life Kenalkan Budaya Kerja Baru
Omnicom Media Group Angkat Rohan Mahajan Jadi COO–Layanan Media