Simak 4 Tips Jadi Kreator Konten Sukses di Facebook

Bukan hanya popularitas, namun juga menghasilkan pendapatan.

Simak 4 Tips Jadi Kreator Konten Sukses di Facebook
Ilustrasi Facebook. (ShutterStock/AlexandraPopova)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dunia media sosial seolah tidak ada habisnya dan terus berkembang pesat menjadi inspirasi banyak orang untuk saling terhubung bahkan menjadi tempat para Kreator Konten berkarya, salah satunya adalah Facebook.

Facebook terus berkembang dengan fitur yang makin banyak dan lengkap, ekosistem kreator juga ikut bertumbuh karena fitur-fitur tersebut memungkinkan mereka berkreasi dan mencoba berbagai jenis konten baru. Dengan demikian, para kreator pun membutuhkan pembaruan untuk bisa berkarya dengan lebih inovatif.

Manajer Kemitraan Global, APAC untuk Meta di Indonesia, Rifky Septiaji, mengatakan bahwa Facebook sudah menjadi komunitas yang energetik bagi setiap orang untuk terhubung dan menemukan hal-hal yang mereka sukai.

“Tujuan kami adalah menjadikan Facebook sebagai medium inovatif, memungkinkan para kreator terhubung dengan audiens mereka secara lebih luas, mendapatkan penghasilan melalui monetisasi, dan manfaat lainnya,” ujar Rifky.

Untuk itu, Meta merumuskan beberapa tips sederhana bagi para kreator, untuk memulai perjalanan di media sosial seperti Facebook. 

1. Level up dengan Mode Profesional

ilustrasi membuat konten shopee affiliate (pexels.com/Ivan Samkov)

Kreator konten media sosial itu layaknya sutradara dari cerita sukses mereka sendiri. Pengguna Facebook bisa memanfaatkan ‘Mode Profesional’ di Facebook. Dengan fitur ini, Anda bisa lebih mudah meraih peluang untung dan membangun followers.

Facebook tidak hanya menghubungkan Anda dengan pengguna dari berbagai belahan dunia, tapi juga akan merekomendasikan konten Anda ke orang-orang yang belum follow akun Anda.

Fitur ini juga membuka pintu ke fitur profesional lain yang memberikan insight tentang preferensi followers, supaya konten Anda makin relevan dengan mereka.

Anda juga bisa menggunakan in-stream ads dan Ads on FB Reels untuk membuka potensi menghasilkan tambahan penghasilan dan mendapat hadiah dari followers melalui kreativitas Reels. Anda hanya perlu mengubah profil Facebook dari personal ke publik, lalu ubah profil Facebook ke mode professional, dan Anda bisa menikmati berbagai manfaatnya.

2. Crossposting untuk memperluas audiens

ilustrasi konten kreator (unsplash.com/AQVIEWS)

Crossposting dari Reels Instagram ke Facebook bisa membuat para kreator semakin dikenal, misalnya sebagai kreator konten-konten lucu yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Langkah ini tidak hanya efisien, tapi juga membuka peluang untuk memperluas audiens karena kontennya dapat dilihat di dua platform sekaligus.

Selain lebih praktis, hal ini juga akan memperluas jangkauan para kreator. Jadi, satu konten bisa ditonton oleh audiens dari dua platform sekaligus. Selain itu, memantau performa Reels juga penting untuk mendorong kreativitas, karena para kreator harus lebih memahami jenis konten favorit followers, supaya Reels yang diunggah tidak hanya menyenangkan untuk ditonton tapi juga bisa terjaga dari sisi engagement.

Sang kreator pun berpeluang untuk menghasilkan uang dengan program monetisasi Facebook seperti Facebook Reels dan Facebook Stars. Bahkan, bisa lebih proaktif untuk memperluas jangkauan konten dan memaksimalkan potensi monetisasi lewat fitur crossposting Reels.

2. Jadi Game Changer dengan Ads on Reels

ilustrasi konten tutorial (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Bagi kreator yang sudah memenuhi syarat, Facebook punya trik supaya Anda bisa dapat pemasukan tambahan, salah satunya lewat Ads on Reels, cara canggih untuk dapat untung dari Reels yang Anda tayangkan.

Anda tak perlu pasang iklan di dalam Reel, hanya perlu niat dan kreativitas. Kreator dibayar berdasarkan performance Reel mereka, terlepas dari apakah iklan disertakan dalam Reel atau tidak. Artinya, semakin menarik Reel yang Anda buat, maka semakin banyak penghasilan yang bisa diperoleh.

Reels yang diunggah dapat berasal dari Facebook langsung atau di-crosspost dari Instagram. Kemudahan ini memungkinkan kreator memaksimalkan jangkauan kontennya sehingga bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Ads on Reels. Cara kerjanya sangat mudah: semakin banyak yang suka konten Reels Anda, maka semakin besar peluang kamu dapet cuan. Dengan memasang iklan di Reels, setiap view dan interaksi bisa nambah penghasilan kreator.

4. Lebih nyaman dengan Pengaturan Komentar

PK Studio/Shutterstock

Mengelola dan merespon komentar itu sangat penting untuk meningkatkan engagement. Fitur Pengaturan Komentar di Facebook memungkinkan Anda melihat dan merespons komentar yang ada tanpa perlu beralih ke aplikasi lain. Anda juga bisa mencari komentar spesifik dengan kata kunci, emoji, nama pemberi komentar, atau tanggal.

Jika kreator kesulitan menyaring komentar-komentar dari followers mereka, fitur Bantuan Moderasi melalui Dasbor Profesional bisa memberikan kontrol penuh kepada kreator untuk mengatur komentar yang mau dibatasi berdasarkan kriteria tertentu, seperti tautan, profil tanpa foto, atau kata kunci.

Cukup set ke Mode Profesional dan memanfaatkan fitur-fitur seperti Pengaturan Komentar dan Top Fans, agar lebih mudah berinteraksi dengan para followers.

Kreator juga bisa menjaga kenyamanan dan keamanan di kolom komentar, dengan mengatur siapa yang dapat meninggalkan komentar di postingan mereka melalui pilihan ‘Who can comment’. Bahkan, kreator juga bisa menyembunyikan komentar dengan meng-klik tiga titik di samping komentar yang dirasa mengganggu atau kurang sopan.

Demikianlah beberapa tips untuk bisa jadi kreator konten sukses di Facebook. Tak hanya populer, namun juga menghasilkan dan bermanfaat sebagai sumber pendapatan bagi Anda. Selamat mencoba!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
Perluas Basis Nasabah, Maybank Rilis Kartu Kredit Manchester United
Elon Musk Resmikan Layanan Starlink di Puskemas Bali
Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
8 Tips Memulai Bisnis Fashion untuk Brand Sendiri
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!