Memahami Cara Kerja Internet di Dalam Jaringan

Era digital bergantung pada keandalan teknologi internet.

Memahami Cara Kerja Internet di Dalam Jaringan
Ilustrasi internet. (Shutterstock/Vizilla)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Jaringan internet memegang peranan penting dalam mendukung bisnis maupun aktivitas masyarakat modern saat ini. Internet juga merupakan salah satu inovasi teknologi yang paling penting dalam sejarah peradaban manusia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan internet sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Internet sendiri merupakan singkatan dari Interconnected Network.

Jaringan internet menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia, dan memungkinkan masyakat untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja, di seluruh belahan dunia.

Meski begitu, mungkin tak banyak yang memahami lebih jauh tentang cara kerja internet di berbagai jaringan dalam menghubungkan banyak pihak di dunia untuk saling bertukar informasi. Untuk memahaminya lebih jauh, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulasnya dengan melansir dari megavision.net.id.

Cara kerja

ilustrasi jaringan komputer (unsplash.com/Florian Olivo)

Sebelum memahami cara kerja internet dalam jaringan, perlu diketahui internet terdiri dari berjuta-juta perangkat yang terhubung dalam jaringan komputer global.

Cara kerja internet dimulai dari pusat data, di mana data dari berbagai sumber dikirim dan diterima. Pusat data ini berfungsi sebagai "pusat kontrol" dari mana semua informasi mengalir, dan dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan teknologi, seperti Google, Amazon, Facebook, dan lainnya.

Internet bekerja dimulai dengan mengirim data dari komputer pengguna melalui koneksi internet lokal, seperti kabel atau Wi-Fi. Data tersebut kemudian dikirim melalui jaringan lokal menuju router, yang bertindak sebagai penghubung antara jaringan lokal dan internet secara keseluruhan.

Router akan meneruskan data tersebut ke Internet Service Provider (ISP) yang memiliki infrastruktur dan kapasitas yang cukup untuk mengirimkan data ke tujuan akhir. Setelah itu, data tersebut akan dikirimkan melalui serangkaian koneksi dan jaringan yang kompleks. ISP memiliki server sendiri yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data. Server ini bertanggung jawab untuk mengirim dan menerima permintaan dari pengguna.

Ketika Anda ingin mengakses suatu situs web, permintaan tersebut dikirim melalui ISP ke server situs web yang dituju. Setelah itu, server tersebut akan merespons permintaan tersebut dengan mengirimkan kembali data yang diminta ke ISP kita. Data tersebut kemudian diteruskan melalui jaringan kembali ke router , dan akhirnya ke komputer pengguna.

Seluruh proses ini terjadi dalam hitungan detik, tergantung pada kecepatan koneksi internet dan jarak fisik antara pengguna dan server.

Protokol

ilustrasi https (unsplash.com/fly)

Cara kerja internet juga melibatkan penggunaan protokol atau standar komunikasi. Ada tiga protokol yang perlu diketahui, yakni:

  1. Internet Protocol (IP)
    IP adalah salah satu protokol yang paling penting dalam internet. Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki alamat IP yang unik. Konsep ini mirip dengan alamat rumah kita. Ketika data dikirim melalui internet, data tersebut dikemas dalam paket-paket kecil yang mencakup alamat IP tujuan dan asal. Hal ini memungkinkan data untuk dikirim dan diterima dengan benar oleh perangkat yang tepat.
  2. Transmission Control Protocol (TCP)
    Protokol ini memastikan pengiriman data yang handal melalui jaringan dengan membagi data menjadi paket-paket yang lebih kecil, memastikan bahwa setiap paket tiba dengan aman dan dalam urutan yang benar.
  3. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
    Protokol HTTP digunakan untuk mengirim permintaan dan menerima respons antara server dan pengguna, memungkinkan kita untuk mengakses situs web, mengirim email, dan berbagai aktivitas online lainnya.

Teknologi jaringan lainnya

Ilustrasi : tower sinyal telekomunikasi. (Dok. Shutterstock)

Selain protokol, ada juga teknologi jaringan lain yang berperan penting dalam memastikan kelancaran dan kecepatan kerja internet, terutama dalam transmisi data. Teknologi tersebut, ialah: 

  1. Kabel serat optik: menggunakan serat kaca yang sangat tipis untuk mentransmisikan data melalui sinar cahaya. Kecepatan dan kapasitas kabel serat optik jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kabel tembaga tradisional, memungkinkan transfer data yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas.
  2. Jaringan nirkabel: menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data melalui udara, memungkinkan kita untuk terhubung dengan internet tanpa menggunakan kabel fisik.

Demikianlah ulasan tentang cara kerja internet di dalam jaringan yang kompleks, dengan melibatkan jaringan perangkat yang terhubung, mulai dari pusat data hingga perangkat pengguna. Dengan memahami cara kerja internet di dalam jaringan, diharapkan Anda bisa memanfaatkannya secara efektif.

Related Topics

Internet

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI