Satu Dekade, Canva Luncurkan “Magic Studio” Solusi Desain dengan AI

Platform desain AI terlengkap.

Satu Dekade, Canva Luncurkan “Magic Studio” Solusi Desain dengan AI
Canva Magic Studio/Dok. Canva
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Platform desain grafis Canva telah meluncurkan Magic Studio, serangkaian tools bertenaga AI yang bertujuan untuk mempermudah pembuatan visual yang menarik dan informatif. Peluncuran ini sekaligus Merayakan 10 tahun perjalanan dan inovasi Canva. 

Pendiri dan CEO Canva, Melanie Perkins, mengatakan Magic Studio Canva memperkuat misi Canva untuk mendemokratisasi desain.

“Magic Studio adalah platform desain AI terlengkap di dunia yang memberdayakan individu, tim, dan organisasi untuk meningkatkan kreativitas mereka, meningkatkan produktivitas, dan memperluas merek mereka,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (3/10).

Melanie menjelaskan, sepuluh tahun lalu, Canva memulai perjalanan untuk memberdayakan dunia dalam hal desain dengan menyederhanakan ekosistem desain yang kompleks dan terfragmentasi. 

“Saat kami memasuki dekade berikutnya dari perjalanan kami, kami sangat senang dapat melangkah maju dengan peluncuran Magic Studio,” ujarnya.

Menyederhanakan ekosistem desain dengan AI

Dok. Canva

Magic Studio rangkaian pertama dari tools desain AI terpadu yang diciptakan untuk mempercepat, menciptakan, dan memperluas konten visual. Dengan fokus pada membuat hal-hal kompleks menjadi sederhana, Magic Studio dibangun untuk 99 persen dari populasi dunia tanpa pelatihan desain yang rumit. 

“Peluncuran ini menandai awal babak baru yang menarik ketika kami berkomitmen untuk memberdayakan lebih dari 150 juta individu dan ribuan bisnis untuk membuka kreativitas mereka dan mencapai tujuan mereka,” katanya.

Magic Studio menjadi lompatan baru dalam serangkaian tonggak produk besar selama 12 bulan terakhir, termasuk peluncuran Suite Visual Canva yang berfokus pada perusahaan pada bulan September 2022 dan pengenalan tools AI dan pemasar baru di acara Create bulan Maret. 

Didorong oleh proliferasi komunikasi visual di tempat kerja, lebih dari 65 juta pengguna baru telah mulai menggunakan Canva dalam setahun terakhir.

Saat ini, Canva memiliki 16 juta pelanggan berbayar dan lebih dari 150 juta pengguna di seluruh dunia. Produk desain berbasis AI awal perusahaan telah digunakan lebih dari 3 miliar kali.

Apa yang ditawarkan Magic Studio?

Dok. Canva

Meskipun diluncurkan secara resmi, tapi tidak semua penawaran Canva benar-benar baru bagi semua orang. Canva telah meluncurkan beberapa fitur AI barunya secara bertahap selama berbulan-bulan, dan secara diam-diam mengujinya dengan "sebagian kecil" basis penggunanya. 

Uji coba Magic Edit khususnya, membuat heboh awal tahun ini, ketika pengguna menemukan bahwa uji coba tersebut dapat digunakan untuk mengubah item individual dalam gambar dan mengubah foto biasa menjadi foto wajah yang layak untuk LinkedIn.

Namun, Magic Studio sangat mendukung penawaran AI Canva, dengan adanya tools seperti Magic Switch, Magic Grab, Magic Expand, Magic Morph, Magic Alt Text, dan Magic Animate. Tools baru ini menggunakan gabungan AI internal Canva serta mitra seperti Google dan OpenAI . 

Pemanfaatan AI oleh Canva paling jelas terlihat pada tools pengeditan gambar terbarunya. Magic Grab memungkinkan pengguna untuk memilih dan mengubah posisi subjek gambar, Magic Expand dapat memperluas gambar dengan mengisi apa yang ada di luar bingkai, dan Magic Morph memungkinkan pengguna untuk mendeskripsikan efek untuk diterapkan pada bentuk atau teks, seperti "jeli" atau "aluminium balon." 

Magic Switch telah menyerap Magic Resize yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Kini, alih-alih sekadar mengubah desain ke dalam format berbeda, Magic Switch juga memungkinkan pengguna menggunakan AI untuk copywriting dan terjemahan. 

Selain itu semua, pembuatan teks ke gambar Magic Media telah diperluas hingga mencakup pembuatan video, sementara Magic Write kini memungkinkan pengguna mendeskripsikan Suara Merek sehingga teks yang dihasilkan akan memiliki nada yang konsisten.

Fitur AI untuk pengguna Canva nonberbayar

Dok. Canva

Meskipun sebagian besar tools AI baru dari Magic Studio akan dibatasi untuk pengguna Canva berbayar, pengguna gratis dapat merasakan beberapa di antaranya. Magic Alt Text akan tersedia untuk semua orang, sementara pengguna gratis akan memiliki batasan berapa kali mereka dapat menggunakan fitur seperti Magic Write dan Magic Media sebelum mendaftar untuk berlangganan berbayar.

"Magic Edit pada akhirnya akan menjadi fitur berbayar," kata juru bicara Canva kepada Mashable melalui email, "tetapi Canva untuk sementara mengizinkan siapa pun untuk menggunakannya hingga 100 kali per hari pada peluncuran awal."

Canva semakin memperluas program Kreatornya, yang memberikan royalti kepada orang-orang yang membuat konten seperti template dan elemen untuk platform. Mengumumkan komitmen sebesar $200 juta selama tiga tahun ke depan, dana tersebut kini juga akan dibayarkan kepada Kreator yang memberikan izin agar konten mereka digunakan untuk melatih AI. Untungnya, mereka akan disisihkan secara default.

Tools AI baru dari Magic Studio tidak diragukan lagi akan menyenangkan untuk dijelajahi pengguna. Namun perlu diingat untuk selalu periksa kinerja AI dan jangan pernah mengandalkannya begitu saja, terutama jika Anda menggunakannya untuk menghasilkan gambar atau teks.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI