5 Cara Menghindari QRIS Palsu Saat Bertransaksi Agar Lebih Aman

Melibatkan pembuatan kode QR.

5 Cara Menghindari QRIS Palsu Saat Bertransaksi Agar Lebih Aman
QRIS di Masjid/ ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sulit untuk menghindar dari metode pembayaran nonkonvensional dalam era digitalisasi yang semakin pesat ini. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) menjadi salah satu instrumen yang sangat populer dalam memudahkan transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Namun, keberlanjutan teknologi ini juga membawa risiko baru terhadap pengguna, terutama dalam bentuk QRIS palsu.

QRIS palsu adalah modus penipuan yang melibatkan pembuatan kode QR yang meniru identitas merchant, termasuk nama, jenis barang, dan jumlah transaksi. Mungkin Anda masih ingat kasus penipuan yang pelakunya memanipulasi kode QRIS kotak amal di masjid dengan kode QRIS pribadinya. Dengan begitu, semua donasi yang dilakukan dengan memakai QRIS itu masuk ke rekening pribadi pelaku.

Oleh karena itu, penting kiranya memahami cara menghindari QRIS palsu saat bertransaksi demi menjaga keamanan finansial dan data pribadi Anda. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari QRIS palsu:

Manfaatkan mobile banking dan dompet digital yang sah

Penggunaan layanan mobile banking atau dompet digital yang telah mendapatkan persetujuan dari regulator, sebagaimana disarankan oleh Bank Indonesia (BI), dapat memberikan keamanan tambahan. Proses persetujuan dari BI menandakan bahwa layanan tersebut dilengkapi dengan fitur keamanan yang dapat mendeteksi upaya penipuan terhadap penjual yang tidak jujur.

Lakukan pemindaian di lembaga yang ditetapkan secara resmi

Pastikan bahwa toko tempat Anda bertransaksi telah membuka akun penyelenggara QRIS resmi dan telah memperoleh izin BI. Umumnya, toko yang sah akan memiliki kode khusus yang membedakan QRIS resmi dari yang palsu.

Perhatikan kualitas fisik kode QRIS

Selalu pastikan bahwa kode QRIS memiliki kualitas tinggi dan ditempatkan dengan teliti. Perhatikan juga kondisi tempelan kode QRIS, dan jika ada keraguan, segera batalkan transaksi atau laporkan kepada penjaga atau petugas yang bertanggung jawab.

Periksa informasi QRIS dan perhatikan notifikasi pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran, teliti informasi seperti nama pedagang, jumlah pembayaran, dan deskripsi produk atau layanan dalam QRIS. Setelah pembayaran, pastikan dana telah masuk ke rekening yang sesuai.

Perkuat Pemahaman Anda tentang QRIS

Gali lebih dalam informasi mengenai QRIS dan perluas pemahaman Anda terhadap hal-hal yang terkait. Pengetahuan yang lebih mendalam dapat menjadi kunci untuk mencegah jatuh ke dalam transaksi dengan QRIS yang tidak sah.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!