Daftar Mobil Listrik China di Indonesia, Harganya Terjangkau

Memiliki harga dan model kekinian yang bervariasi

Daftar Mobil Listrik China di Indonesia, Harganya Terjangkau
Ilustrasi mobil listrik (Unsplash/@michaelfousert)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Perkembangan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia menunjukkan tren yang positif. Sekarang ini telah bermunculan banyak Mobil Listrik di Indonesia, salah satunya buatan China.

Tak bisa dimungkiri, keberadaan mobil listrik memang sangat diminati masyarakat. Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga hemat dari segi bahan bakar karena bisa diisi ulang layaknya smartphone.

Jika dunia smartphone di Indonesia cukup didominasi oleh produk-produk asal China, maka begitu pun juga di dunia EV. 

Anda bisa menemukan sejumlah mobil listrik pabrikan China yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

Lantas, apa saja mobil listrik China di Indonesia? Simak daftarnya berikut ini, seperti yang telah dirangkum Fortune Indonesia!

1. BYD

Ilustrasi BYD Dolphin (byd-indonesia.co.id)

BYD adalah mobil listrik China di Indonesia yang baru masuk pada 18 Januari lalu dan harganya baru diumumkan secara resmi dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ada tiga tipe yang diboyong BYD ke Indonesia, yaitu BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal. BYD Dolphin menjadi mobil listrik yang paling terjangkau di lini model hatchback dibanderol mulai Rp425 juta.

Sementara untuk kelas yang lebih tinggi, ada Atto 3 dengan model SUV yang siap bersaing dengan MG ZS EV dan Hyundai Ioniq 5. Harga mobil ini adalah Rp515 juta.

Untuk unit termahal yang diusung BYD ke Indonesia adalah BYD Seal, yang memiliki dua varian: Premium dan Performance.

Kedua varian ini dibedakan berdasarkan jarak tempuhnya, di mana Premium mampu menempuh jarak sejauh 650 kilometer, dan Performance 580 kilometer.

Soal harga, BYD Seal mematok Rp629 juta untuk seri Premium, dan Rp719 juta untuk Performance (OTR Jakarta).

2. Wuling

Ilustrasi Wuling Air EV (wuling.id)

Anda tentu sudah kerap melihat mobil Wuling berkeliaran di jalanan hampir setiap hari. Hal itu tidak mengherankan karena Wuling sudah lebih lama ‘mengaspal’ di Indonesia, tepatnya sejak tahun 2017.

Beberapa tipe mobil Wuling yang telah dipasarkan hingga saat ini adalah Air EV, Almaz, Alvez, Cortez, Confero, dan Formo.

Perusahaan yang berpusat di Zhengzhou, China ini seolah menepis anggapan bahwa mobil buatan China itu kurang berkualitas.

Pasalnya, Wuling Air EV sempat masuk jajaran sebagai mobil listrik terlaris kedua di Indonesia pada periode Januari-November 2023.

Ini membuktikan bahwa persaingan mobil listrik di Indonesia tidak hanya didominasi merek Korea atau Inggris sekalipun, tetapi juga China.

3. DFSK

Ilustrasi DFSK E1 (dfskmotors.co.id)

Daftar mobil listrik China di Indonesia yang berikutnya adalah Dongfeng Sokon Automobile (DFSK). Dirangkum dari beberapa sumber, saat ini terdapat empat tipe mobil listrik DFSK yang sudah dijual secara luas, yaitu Gelora E Van, Pick-up EC 31, Glory E3, dan Mini EV yang bentuknya hampir menyerupai Wuling Air EV.

Sementara itu, beberapa model DFSK non-EV juga telah dipasarkan di Indonesia. Untuk mendapatkan mobil DFSK yang termurah, Anda perlu menyiapkan kocek mulai dari Rp189 juta untuk tipe Mini EV varian terendah.

4. Chery

Ilustrasi Chery Omoda E5 (chery.co.id)

Selanjutnya, ada Chery yang sebenarnya adalah pabrikan mobil China yang telah masuk di Indonesia pada tahun 2006 silam.

Namun, karena penjualnnya kurang memuaskan, Chery harus angkat kaki dari tanah air pada tahun 2011. Sebelas tahun berselang, Chery kembali berkiprah di pasar Indonesia dengan memboyong sejumlah model SUV.

Sementara itu, mobil listrik pertama Chery yang dibawa ke Indonesia adalah Omoda 5. Mobil ini mampu menempuh jarak hingga 450 km dalam sekali pengisian daya.

Selanjutnya, masih ada Omoda E5 yang baru diperkenalkan secara resmi di Jakarta, 5 Februari lalu.

5. Neta

Ilustrasi Neta V (neta.co.id)

Neta Auto Indonesia memperkenalkan mobil listrik pertamanya, yaitu Neta V dalam gelaran International Auto Show atau Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), September 2023.

Dibanderol dengan harga Rp379 juta (OTR Jakarta), sebanyak 200 orang diklaim telah memesannya sejak diperkenalkan dalam event tersebut.

Mobil listrik SUV ini mampu menempuh jarak sejauh 380-400 km dalam sekali pengisian daya. Meski baru merilis satu model di Indonesia, dikabarkan bahwa ke depannya Neta akan lebih banyak memboyong mobil listriknya untuk bersaing dengan merek lain.

Itulah kelima daftar mobil listrik China yang ada di Indonesia. Dari sejumlah tipe mobil di atas, manakah yang menjadi incaran Anda?

Related Topics

Mobil ListrikChina

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Usai PHK Karyawan Tesla, Elon Musk Investasi Rp8 Triliun. Buat Apa?