Grup Modalku Raih Debt Funding Senilai US$27 Juta

Kesenjangan pendanaan UMKM capai US$300 miliar.

Grup Modalku Raih Debt Funding Senilai US$27 Juta
Ilustrasi Modalku. Dok/Modalku.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Grup Modalku meraih fasilitas pendanaan atau debt funding sebesar US$27 juta atau sekitar Rp414 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh AlteriQ Global, Aument Capital Partners (ACP), dan Orange Bloom. 

Country Head Modalku, Arthur Adisusanto, menjelaskan, pendanaan akan disalurkan melalui Grup Modalku yang menghadirkan berbagai solusi pendanaan yang dirancang khusus untuk mendukung UMKM yang yang belum mendapatkan akses pendanaan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. 

"Di tengah kondisi makroekonomi yang tidak menentu, kami akan terus meningkatkan aktivitas pendanaan ke lebih banyak UMKM yang belum terlayani di lima pasar Modalku beroperasi, baik bersama dengan partner lama maupun partner baru," kata Arthur melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (26/9). 

Kesenjangan pendanaan UMKM capai US$300 miliar 

Aktivitas pekeraja Wifkain (dok. Wifkain)

Data dari United Nation Capital Development Fund mencatat, lebih dari 39 juta UMKM masih kesulitan mendapatkan akses ke kredit formal, dengan kesenjangan pendanaan sebesar US$300 Miliar. 

Untuk itu, Grup Modalku secara konsisten terus memperluas jangkauan akses layanannya melalui pendanaan UMKM untuk menjaga kelancaran arus kas bisnis mereka. 

Arthur menambahkan, UMKM masih menjadi tulang punggung perekonomian di Asia Tenggara. Di kawasan ASEAN, terdapat lebih dari 70 juta UMKM yang terdata, yang mencakup 99 persen dari total usaha dan berkontribusi terhadap 44,8 persenProduk Domestik Bruto (PDB). 

Ia menilai, pendanaan ini akan semakin meningkatkan jangkauan Grup Modalku dalam menjembatani kesenjangan finansial bagi UMKM di Asia Tenggara. 

Grup Modalku telah salurkan pendanaan Rp52 triliun 

Ilustrasi Modalku, Dok Istimewa

Sebagai bagian dari misi dan komitmen untuk menghadirkan peluang merata bagi UMKM, Grup Modalku juga mulai menawarkan solusi selain pendanaan, seperti pembayaran (payments) dan penerimaan pembayaran (collect payment) yang ditujukan untuk mengatasi masalah pengelolaan arus kas bagi UMKM. 

“Kami berharap dapat mendukung dan berkolaborasi dengan Grup Modalku seiring dengan pertumbuhan mereka di Asia Tenggara," kata Managing Partner AlteriQ Global, Zhi Yong Heng. 

Hingga saat ini, Grup Modalku telah menyalurkan pendanaan lebih dari Rp 52 triliun kepada lebih dari 5,1 juta transaksi, serta melayani sekitar 100.000 UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu