TECH

Kemenparekraf Bidik Potensi Ekonomi dari E-Sport Dalam Negeri

Kejuaran dunia e-sport diadakan di Bali pada akhir 2022.

Kemenparekraf Bidik Potensi Ekonomi dari E-Sport Dalam NegeriMenparekraf, Sandiaga S. Uno. (Tangkapan layar)
29 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sektor e-sport berpotensi terus bertumbuh di Indonesia, seiring digitalisasi. Hal ini diyakini mampu menciptakan peluang ekonomi bagi  Indonesia di masa depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengemukakan, bahwa industri e-sport cukup menjanjikan di dunia. “Pendapatan e-sport (global) ini sudah hampir US$1 triliun lebih, dengan 3,4 miliar orang di dunia yang bermain games,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing, Senin (29/8).

Kemenparekraf pun mengambil sejumlah langkah untuk membangun ekosistem e-sport yang lebih kuat di Indonesia. Salah satu yang tengah dilakukan adalah mengembangkan games yang dapat dipertandingkan.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam, mengatakan bahwa Indonesia saat ini sudah memiliki beberapa games lokal yang sudah pernah dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON), seperti Lokapala atau Battle of Satria Dewa. “Tapi untuk bisa mencapai level World E-sport Games, tentunya games itu perlu dimainkan minimal di 120 negara,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah tengah mempersiapkan rancangan peraturan presiden untuk mengembangkan Badan Layanan Umum (BLU) yang bisa dikembangkan untuk membiayai pembuatan game dan mempromosikan game lokal untuk dimainkan di seluruh dunia. “Kami juga sedang menyiapkan talenta-talenta digital untuk mengembangkan game-game tadi,” ujarnya.

Pentingnya regulasi

6 Games yang dipertandingkan dalam IESF World E-Sport Championship 2022.
6 Games yang dipertandingkan dalam IESF World E-Sport Championship 2022. (Tangkapan layar)

Ketua Bidang Hukum dan Legalitas Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Yudhistira Adi Pratama, menambahkan salah satu hal utama dalam membangun  ekosistem e-sport adalah regulasi. 

“Kami dari cabang olahraga e-sport di Indonesia, wajib untuk berkoordinasi dengan beberapa stakeholders dan Kementerian, serta institusi lain di Indonesia, untuk bisa membuat ragulasi yang menentukan jenjang karir dari para pegiat e-sport di tanah air,” ucap Yudhistira.

Menurut Undang-Undang nomor 11 tahun 2022, kata Yudhistira, olahraga yang berbasiskan elektronik bisa dikatakan sebagai satu olahraga prestasi. “Turunannya kemudian bisa membuka kemungkinan bagi anak-anak muda Indonesia untuk melihat itu (e-sport) bukan lagi sebagai hobi, tetapi sebagai mata pencaharian, dan yang paling penting jadi kesempatan untuk bisa mengharumkan nama Indonesia,” ujarnya.

Perhelatan akbar

Direktur Event Indonesia E-Sport Summit 2022, Diana Sutrisno.
Direktur Event Indonesia E-Sport Summit 2022, Diana Sutrisno. (Tangkapan layar)

Related Topics